Kapolres Dairi Dinonaktifkan Terkait Dugaan Penganiayaan Anggota 

Ismail
Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi (tangkapan layar)

Sebelumnya, AKBP Reinhard H Nainggolan sendiri telah memberikan klarifikasi terkait dugaan penganiayaan terhadap dua anggota di Polres Dairi. Ia menjelaskan bahwa tindakan tersebut bukanlah penganiayaan, melainkan bagian dari tindakan disiplin terhadap anggota yang dinilai tidak menjalankan tugas secara profesional. 

Reinhard memaparkan kronologi kejadian yang terjadi pada Senin dini hari, 28 Agustus 2023. Ia melakukan pengecekan terhadap Perwira Pengawas dan personel piket SPKT. Ketika mengecek piket Fungsi operasional dan piket RTP (Rumah Tahanan Polri), ia menemukan bahwa petugas yang sedang bertugas tidak merespon panggilan di Handy Talkie (HT).

Menghadapi situasi ini, Reinhard mengumpulkan para perwira pengawas dan petugas piket untuk memberikan teguran lisan dan tindakan disiplin berupa hormat bendera. Setelah memeriksa HT tersebut dan mengetahui bahwa fungsi HT berjalan dengan baik, Reinhard memberikan teguran dan tindakan fisik kepada kedua anggota yang tidak merespon panggilan tersebut. 

 

Kemudian, Reinhard bersama pejabat Polres dan perwira pengawas meninggalkan lapangan apel, sementara kedua petugas piket tersebut, Bripka DS dan Bripka HS, dibawa ke ruang propam. Setelah kejadian ini, Reinhard mengetahui bahwa kedua anggotanya telah mendapat teguran dan tindakan disiplin, dan keduanya dibawa ke RSUD Sidikalang setelah selesai pertemuan melalui zoom. 

Reinhard juga menjenguk kedua anggotanya dan mengetahui bahwa mereka menderita penyakit bawaan, yaitu syaraf terjepit dan hipertensi. 

Atas peristiwa ini, Kapolres Dairi, AKBP Reinhard dengan telah meminta maaf kepada kedua anggotanya, mengakui kesalahannya, dan berkomitmen untuk tidak mengulangi hal serupa di masa depan.

Editor : Ismail

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network