Jejak Patih Marahamat Siregar, Legenda Pejuang Kemerdekaan di Barumun Raya

Jafar
Patih Marahamat Siregar. (Foto: Dok. Memoar Keluarga Marahamat Siregar)

MEDAN, iNewsMedan.id - Dibalik hiruk-pikuk Kota Padangsidimpuan, tersembunyi sejarah gemilang yang tak boleh terlupakan. Patih Marahamat Siregar, begitu mereka memanggilnya, menjadi ikon perjuangan dan semangat masyarakat Barumun Raya dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia

Kisah dimulai di tanah Sumatera Utara, di tengah gemuruh awal abad ke-20 atau tepatnya 7 April 1907, Marahamat lahir di Sibuhuan dengan nama asli Tongku Marahamat Siregar. Dikutip dari Memoar Keluarga Marahamat Siregar, Ia adalah Putera Tertua dari Baginda Soritaon Siregar, Eks Penghulu/Kepala Kampung Pasar Sibuhuan dan istrinya Syamsiah Hasibuan dari Desa Siolip. 

Namun, masa itu adalah zaman penjajahan. Tak gentar, Patih Marahamat Siregar merintis perjalanan heroiknya. Saat tangan Belanda merajalela, ia memilih menjadi pegawai pemerintahan. Tapi jiwanya adalah pejuang. Di balik rutinitas sebagai Asisten Kontrolir di Pasir Pangarayan, Riau, Marahamat Siregar terlibat dalam organisasi nasionalis Indonesia untuk melawan penjajah secara diam-diam. 

Kemudian datanglah masa penjajahan Jepang. Kesempatan muncul. Marahamat Siregar menjadi anggota Chuo Sang In tingkat daerah, sebuah organisasi rakyat yang berperan dalam Badan Perwakilan Rakyat untuk Sumatera. Namun, tekadnya dalam perjuangan tetap terjaga dalam kerahasiaan demi menghindari ancaman penjajah. 

Perjalanan heroik Marahamat Siregar meraih puncaknya saat bendera merah putih berkibar di Barumun Raya. Ketika berita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia sampai di pelosok Pulau Sumatera pada Oktober 1945, Tongku Marahamat Siregar bersama saudara-saudara seperjuangan: Baginda Suaduon Hasibuan, Baginda Syarif Muda, Tongku Lempang, dan lainnya, menjadi pionir pengibar bendera di wilayah tersebut. 

Editor : Jafar Sembiring

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network