Mengintip Desa Tak Berpenghuni di Bogor, Suasana Sepi seperti Kampung Hantu

Kiki Oktaliani
Mengintip Desa Tak Berpenghuni di Bogor, Suasana Sepi seperti Kampung Hantu. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Desa tak berpenghuni di kawasan Bogor ini menarik untuk dikunjungi. Sebab, tempat ini dijuluki kampung hantu lantaran suasananya yang sepi.

Ya, kampung unik yang satu ini bukan terkait dengan pemandangan alam atau budaya turun temurun nenek moyang. Melainkan, kampung yang sepi tanpa penghuni layaknya kampung hantu. Padahal, salah satu kampung di Bogor ini dulunya sangat ramai.

Penasaran seperti apa kampung unik di Bogor yang akan membuat siapa saja penasaran? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (15/5/2023).

Kampung Unik di Bogor

Ada beberapa perkampungan di Indonesia yang mulanya berpenghuni, perlahan ditinggalkan karena berbagai alasan. Salah satunya, karena bencana alam ataupun cerita-cerita mistis yang berkembang dan mengusik kehidupan warga.

Ya, kampung tersebut adalah Kampung Nyomplong, di Desa Kiarapandak, Sukajaya, Bogor. Terletak di wilayah pedalaman dan terletak jauh dari keramaian. Masyarakat yang ingin mencapai Kampung Nyomplong harus melewati jalanan sempit dari tanah dan perkebunan sawit yang cukup luas. Dulunya, banyak warga yang tinggal di kampung ini, namun kini rumah-rumah warga kosong tidak berpenghuni. Suasananya sepi sampai dijuluki layaknya kampung hantu.

Bencana Tanah Longsor

Dikutip dari akun YouTube Eko PDJ, Senin (15/5/2023) masyarakat terpaksa meninggalkan kampung dan rumah mereka akibat bencana alam. Ya, di sini dulu pernah terjadi tanah longsor 2020 lalu. Terdapat setidaknya sebanyak 18 rumah warga yang tertimbun tanah longsor, sehingga harus diungsikan. Semenjak bencana alam tersebut, para penduduk di Kampung Nyomplong akhirnya dipindahkan ke desa seberang, dan dibuatkan rumah baru oleh pemerintah setempat.

"Iya dari Bupati. Bukan dari tabungan pribadi, buat ngurus apa-apa juga gak ada. Ketimbun tuh di atas," ujar seorang wanita yang diketahui bernama bu Nil.

Saat malam tiba, suasana makin sunyi. Yang terdengar hanyalah suara serangga seperti jangkrik dan udara yang saling bergesekan. Sudah tidak ada aliran listrik di kampung ini. Namun, di siang hari beberapa warga masih datang untuk memanen padi dan kembali ke pemukiman baru sebelum matahari tenggelam.

Sebagian rumah yang masih terselamatkan terlihat terbengkalai, meskipun bangunannya masih layak dihuni. Kendati demikian, meskipun sunyi saat malam dan tampak seperti kampung hantu. Tetapi suasana pagi dan sore hari begitu sejuk dan asri. Kampung ini dikelilingi berbagai tumbuh-tumbuhan hijau, seperti pepohonan dan rerumputan yang tumbuh lebat.

Itulah seputar kampung unik di Bogor yang akan membuat siapa saja penasaran untuk dikunjungi.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul Kampung Unik di Bogor, Dulu Ramai Warga Hidup Bahagia, Kini Suasananya seperti Desa Hantu

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network