MEDAN, iNewsMedan.id - Artificial Intelligence Marketing (AIM) adalah suatu metode dalam marketing yang menggunakan konsep dengan model kecerdasan buatan seperti machine learning untuk menjangkau pelanggan agar tercapai tujuan pemasaran.
Lalu perbedaan artificial intelligence marketing dengan marketing biasa adalah terletak pada pengguna komputer dan algoritma khusus. AIM tersebut sudah banyak diterapkan dalam digital marketing yang seperti kita lihat banyaknya iklan / endorse suatu produk menggunakan AIM di media social seperti Instagram, Facebook, Tiktok, maupun Twitter.
Cara Kerja AIM
Cara kerja AIM menggunakan perangkat komputer dan algoritma sehingga berbeda dengan metode marketing tradisional. Data raksasa (big data) pelanggan diolah berulang menghasilkan informasi kondisi pasar. Di samping itu, deskripsi pelanggan diperoleh real time sebagai dasar penyusunan program penjualan. Pelaku bisnis dengan mudah dan cepat merespon permintaan melalui chatbot yang tersedia dalam AIM.
Informasi produk disajikan secara utuh sehingga memudahkan pembeli mengambil keputusan terhadap produk yang ditawarkan. Biaya promosi lebih murah karena data dapat dianalisis lebih efektif dan kreatif. Distribusi konten promosi berbasis data menjangkau pasar lebih luas dan sesuai kebutuhan atau keinginan pembeli.
Manfaat Penerapan Artificial
Intelligence Marketing
Berikut beberapa keuntungan menggunakan artificial intelligence marketing untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pelaku bisnis, diantaranya adalah :
1. Promosi Menjadi Semakin Strategis
Teknologi dari Artificial Intelligence (AI) membantu dalam menganalisis jenis dan target marketing yang lebih strategis. Hal ini karena teknologi AI bisa mengakses data yang lebih luas sehingga berpeluang untuk menggali informasi yang lebih besar seperti pencarian kata kunci, profil user, ataupun data online lainnya.
2. Teknologi Mesin Pencari Yang Lebih Pintar
Teknologi AI melalui mesin pencari dapat menemukan pola pencarian pelaku bisnis sehingga pelaku bisnis bisa lebih fokus mendalami area tertentu yang diminati. Selain itu, mesin pencari yang dilengkapi teknologi AI juga dapat menemukan berbagai hal dalam waktu yang cepat.
3. Lebih Efisien
Teknologi bot dalam AI yang bisa digunakan sebagai pengganti pekerjaan customer service sehingga dapat menekan biaya operasional perusahaan Pelaku bisnis seminimal mungkin. Selain itu, teknologi bot yang telah di install akses informasi dan riwayat pencarian internet dapat membuat kinerja bot tsb menjadi lebih efisien.
4. Distribusi Konten Yang Semakin Disempurnakan
Teknologi AI juga dapat membantu Pelaku bisnis dalam mengambil data dan menjangkau lebih luas target market Pelaku bisnis. Pelaku bisnis juga dapat menemukan calon pelanggan yang potensial serta mendistribusikan konten Pelaku bisnis yang relevan dengan kebutuhan calon pelanggan.
5. Pembelajaran Berkelanjutan
Keunggulan teknologi AI adalah kemampuannya dalam mempelajari hal-hal baru pada bidang yang terkait. Dengan kemampuannya ini, AI bisa menargetkan para user atau calon pelanggan yang relevan. Kemampuan teknologi Ai ini akan terus mengalami pembelajaran secara berkelanjutan agar semakin lebih pintar sehingga proses marketing pun dapat berjalan lebih efektif.
6. Teknologi Pencarian Visual dan Pengenalan Gambar
Jika metode pencarian pada umumnya menggunakan metode pencarian kata kunci, maka di AI ini metode pencariannya telah di kembangkan dengan pencarian visual dan pengenalan gambar. Dengan metode pencarian visual ini tentu akan semakin memudahkan user dalam mencari produk berdasarkan bentuk sesuai gambaran yang mereka inginkan.
7. Hemat Biaya Iklan
Target user pada metode marketing yang didukung dengan AI akan jauh lebih murah sehingga berpotensi memberikan keuntungan atau ROI kepada pelaku bisnis sebaik mungkin. Selain itu, AI juga menghemat waktu dan biaya pemasaran serta memberikan user experience kepada pelanggan yang lebih baik dan efisien.
8. Analisis Feedback dari Konsumen
Keuntungan lain menggunakan teknologi AI adalah dapat menganalisis komentar atau respon dari konsumen terhadap produk yang Pelaku bisnis rilis. Contohnya, feedback atau keluhan konsumen dapat dideteksi melalui platform media sosial yang populer. Hal ini dapat memudahkan Pelaku bisnis dalam mengevaluasi produk-produk yang dihasilkan.
Pemanfaatan teknologi digital diyakini sebagai pendekatan efektif mewujudkan tujuan marketing di pasar global. Teknologi memang harus memudahkan pelaku bisnis untuk mencapai kebutuhannya. Selama dapat memudahkan pelaku bisnis melaksanakan kegiatan operasional, maka tak ada keraguan lagi untuk mempelajari dan kemudian menguasai teknologi digital. Pemerintah didukung stakeholders lain dharapkan konsisten membantu pengembangan bisnis meraih keberhasilan bisnis di era digital saat ini secara berkelanjutan.
Artikel ini ditulis oleh Zhafirah Hanan, Mahasiswa Magister Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara
Editor : Odi Siregar
Artikel Terkait