Ketua MPR RI Berharap Tabitha Cristabela Napitupulu Bangun Sumut Melalui Kontes Putri Indonesia 2023

Jafar
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo bertemu finalis Puteri Indonesia Sumatera Utara 2023, Tabitha Cristabela Napitupulu. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Finalis Puteri Indonesia asal Sumatera Utara 2023, Tabitha Cristabela Napitupulu diharapkan mampu membangun kampung halamannya, baik dari sisi pariwisata, sumber daya manusia, maupun kekayaan sumber daya alam lainnya melalui keikutsertaannya dalam kontes kecantikan tersebut.

Hal itu diungkapkan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo usai bertemu Tabitha Cristabela Napitupulu, di Jakarta, Kamis (23/3/2023).

"Melalui peran Tabitha sebagai finalis Puteri Indonesia Sumatera Utara 2023 serta nanti akan maju dalam Puteri Indonesia 2023, diharapkan Danau Toba akan semakin mendunia. Momentum ini semakin mendapatkan pijakan, karena UNESCO (Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan) menetapkan Danau Toba sebagai Global Geopark pada Sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, Prancis, tanggal 2 Juli 2020. Kaldera Danau Toba dinilai memiliki tiga aspek keragaman yang saling berkaitan satu sama lain, yaitu geo-diversity (keragaman geografi), bio-diversity (keragaman hayati), dan culture diversity (keragaman budaya)," jelas Wakil Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

Ketua DPR RI ke-20 ini juga menjelaskan, dalam mewujudkan percepatan pembangunan pariwisata Danau Toba, dibutuhkan langkah-langkah terobosan, kreasi dan inovasi, serta dukungan SDM yang berkualitas. Hal itu, sambung Bamsoet, untuk mendorong lahirnya produk-produk dan atraksi wisata yang mampu menarik wisatawan melalui festival seni dan budaya serta pemberdayaan ekonomi kreatif.

"Agar kawasan Danau Toba bisa mendunia, diperlukan peran masyarakat sebagai kunci keberhasilannya. Kultur yang dimiliki masyarakat Batak dengan sistem kekerabatan marga yang kuat, harus menjadi spirit yang kuat untuk membangun kawasan Danau Toba. Jika setiap kelompok masyarakat Batak memiliki semangat yang sama untuk membangun daerah asal, maka Danau Toba akan maju dan mampu menghadapi berbagai tantangan yang ada," terangnya.



Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network