Ternyata Ini Alasan Tidak Ada Satu pun Jembatan di Atas Sungai Amazon

Wasis Wibowo
Sungai Amazon dikenal sebagai sungai terlebar di dunia dengan bentang mencapai 48 kilometer dan sungai terpanjang kedua di dunia sejauh 6.920 kilometer. Foto/LiveScience/Wikimedia

Apakah ada hambatan keuangan? Atau apakah ada kesulitan mendasar dengan membangun struktur seperti itu di hutan hujan yang berawa, lahan basah yang luas, dan semak yang dalam dan lebat?

"Tidak ada kebutuhan yang cukup mendesak untuk (membangun) jembatan melintasi Amazon," kata Walter Kaufmann, Ketua Rekayasa Struktural (Struktur Beton dan Desain Jembatan) di Institut Teknologi Federal Swiss (ETH) Zurich, kepada Live Science dikutip SINDOnews, Senin (30/5/2022).

Menurut Kaufmann, sungai Amazon jauh dari lokasi ideal untuk pembangun jembatan, karena memiliki serangkaian batu cadas alami yang perlu ditaklukkan oleh para insinyur dan pekerja konstruksi. Ditambah sungai Amazon yang berkelok-kelok melalui daerah yang jarang penduduknya, sehingga pembangunan jembatan tidak terlalu mendesak. 

Untuk kota-kota yang berbatasan dengan sungai, transportasi perahu dan feri adalah sarana yang ideal untuk memindahkan barang dan orang. Dengan perahu dan feri, membuat perjalanan sedikit lebih cepat. 

Selain itu, perubahan posisi aliran sungai sepanjang musim yang drastis, baik lebar dan kedalamannya, akan membuat mempersulit membangun konstruksi yang kokoh. Pada musim hujan lebar sungai Amazon bisa mencapai 48 km dan kedalaman lebih dari 15 meter.

"Lingkungan di Amazon tentu saja termasuk yang paling sulit [di dunia]. Tentu saja, ada juga kesulitan teknis dan logistik. Tantangan ini akan menjadi unik," terang Kaufmann.

Editor : Odi Siregar

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network