Inilah Deretan Masjid Terbesar di Indonesia, Nomor 4 Masjid Raya Baiturrahman

Tri Erysandi
Masjid Raya Baiturrahman (Fofo: Antara) 

JAKARTA, iNewsMedan.id - Masjid terbesar di Indonesia tersebar di beberapa wilayah Nusantara. Tak hanya besar, masjid-masji ini juga menjadi ikon di wilayahnya. 

Menjadi negara dengan penganut Agama Islam terbesar di dunia, menjadi salah satu alasan banyaknya masjid di Indonesia. Namun, tak semua masjid ini terkenal, besar dan megah.

Masjid-masjid itu biasanya menjadi ikon wisata atau salah satu lokasi wisata rohani sehingga banyak dikunjungi masyarakat. 

Penasaran? Ini deretan masjid terbesar di Indonesia: 

1. Masjid Istiqlal


Suasana di Masjid Istiqlal yang akan menggelar sholat Jumat, (27/8/2021) (Foto: M Refi Sandi)

Masjid Istiqlal yang berada di Jakarta ini merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini memiliki bangunan yang megah dengan luas lebih 9,5 hektare dan memiliki kubah utama berdiameter 45 meter dengan 12 pilar besar dan 5.138 tiang pancang, menara setinggi 90 meter yang dibuat dari marmer setinggi 66,66 meter dan menara baja anti karat 30 meter. Masjid yang mampu menampung 200 ribu jamaah ini digagas oleh Presiden Soekarno pada 24 Agustus 1951.

2. Masjid Al Akbar


Masjid Al Akbar Surabaya. (Foto: iNews/Rahmat Ilyasan) 

Masjid terbesar di Indonesia selanjutnya adalah Masjid Al Akbar yang terletak di Surabaya. Luas bangunan ditambah fasilitas penunjang Masjid Al-Akbar Surabaya adalah 22.300 meter persegi, dengan rincian panjang 147 meter dan lebar 128 meter. 

Masjid ini memiliki 1 kubah besar dengan empat kubah kecil lainnya berwarna biru serta satu menara setinggi 99 meter. Masjid Al Akbar memiliki keunikan pada bagian kubahnya yang berbentuk setengah telur dan terdapat 45 pintu dari kayu. Masjid ini mampu menampung sebanyak 50.000 jamaah.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network