Jarang Disadari, Ini 4 Penyebab Jerawat di Punggung

Muhammad Sukardi , Okezone
Jerawat di punggung (Foto: Timesofindia)

JERAWAT tak hanya timbul di wajah. Bisa juga di punggung. Namun, penyebab adanya jerawat di punggung perlu diketahui agar tak menjadi masalah.

Jerawat di punggung biasanya dalam bentuk komedo, whiteheads, papula, bahkan kista yang menyakitkan. Jerawat punggung punya keunikan sendiri dibanding jerawat wajah, khususnya dalam hal perawatan karena area susah dijangkau.

Lantas, bagaimana seseorang bisa kena jerawat punggung? Apakah penyebab jerawat punggung salah satunya karena mengenakan baju yang kotor atau lembap?

Perlu diketahui sebelumnya bahwa punggung pun memiliki sebum yang menjaga kulit tetap sehat. Jika sebum atau sel kulit mati menyumbat pori-pori, maka terjadi peradangan dan ini yang kemudian dinamakan lesi jerawat.

Munculnya ragi di punggung pada kebanyakan kasus karena area belakang tertutup pakaian, tas ransel, atau benda lainnya yang menekan ke area punggung, yang memungkinkan terciptanya area lembap dan mikroba penyebab jerawat senang tinggal di area seperti itu.

Secara lebih detail, laman Medical News Today menjelaskan beberapa penyebab seseorang bisa kena jerawat punggung, seperti:

1. Masa pubertas

Sama seperti jerawat di wajah, jerawat di punggung pun bisa terjadi akibat masa pubertas. Di masa ini, terjadi peningkatan testosteron yang menyebabkan kelenjar sebaceous memproduksi sebum berlebihan yang membungkinkan pori-pori tersumbat.

2. Riwayat keluarga

Jerawat ternyata bisa muncul karena faktor keturunan. Jika Anda memiliki orang tua dengan riwayat jerawat punggung, maka kemungkinan besar Anda mengalami masalah yang sama dengan orangtua Anda.

3. Jenis kelamin

Wanita cenderung memiliki jerawat daripada pria. Ini kemungkinan karena pengaruh hormon wanita yang berfluktuasi selama siklus menstruasi, kehamilan, dan menopause.

4. Faktor lain

Jerawat punggung bisa juga muncul akibat obat-obatan yang mengandung steroid pun kontrasepsi hormonal, produk kosmetik yang tidak non-comedogenic, atau akibat penggunaan ransel yang terlalu sering yang memungkinkan punggung iritasi.

"Pada beberapa studi dikatakan juga bahwa susu sapi dan produk olahan diary lainnya pun meningkatkan terjadinya jerawat. Begitu juga dengan konsumsi karbohidrat berlebih yang diklaim berkaitan erat dengan terciptanya jerawat di kulit," terang laman kesehatan tersebut, dikutip MNC Portal, Sabtu (9/7/2022).

Jadi, itu dia penyebab jerawat punggung yang harus Anda ketahui. Menjaga kesehatan dan kebersihan menjadi salah satu kunci mendapatkan kulit tubuh yang paripurna.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network