7 Kota dengan Biaya Hidup Murah di Indonesia, Nomor 3 Sibolga

Ikhsan Permana SP
Salah satu kegiatan di kawasan Pasar Gede Solo. Solo merupakan salah satu kota di Indonesia dengan biaya murah. (foto Ahmad Antoni)

6. Banyuwangi 

Banyuwangi adalah kota yang berada di Jawa Timur. Bukan hanya menawarkan destinasi wisata yang cantik, Banyuwangi juga menjadi salah satu kota dengan biaya hidup yang murah. Menurut hasil laporan survei Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia.  

Tak butuh banyak biaya, Anda bisa hidup di sana hanya dengan Rp3,3 juta saja per bulan. Biaya ini sudah termasuk biaya bersama anggota keluarga sebanyak empat orang.  Namun, jika Anda masih sendiri, biaya hidup yang dibutuhkan hanya sekitar Rp1 juta sampai dengan Rp1,5 juta per bulan. Bahkan, bisa saja lebih rendah yakni sekitar Rp800.000 per bulan. 

7. Cirebon 

Cirebon juga merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki biaya hidup murah. Harga kebutuhan pokok seperti makanan, kebutuhan rumah, tempat tinggal, hingga transportasi di Cirebon relatif terjangkau.  Untuk hidup di kota ini, Anda hanya perlu mengalokasikan budget berkisar Rp1,5 juta sampai Rp2 juta per bulan jika masih sendiri. 

Jika sudah berkeluarga,  Anda bisa menyesuaikan kebutuhannya dengan jumlah anggota keluarga.  Itulah beberapa kota dengan biaya hidup yang ramah di kantong tetapi besaran biaya hidup ini merupakan nominal rata-rata masyarakat di sana. Besaran ini tidak bersifat mutlak karena yang menentukan tinggi rendahnya biaya hidup adalah gaya hidup masing-masing individu.

Editor : Odi Siregar

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network