7 Kota dengan Biaya Hidup Murah di Indonesia, Nomor 3 Sibolga

Ikhsan Permana SP
Salah satu kegiatan di kawasan Pasar Gede Solo. Solo merupakan salah satu kota di Indonesia dengan biaya murah. (foto Ahmad Antoni)

2. Yogyakarta 

Sebagai ibu kota Provinsi DIY, Yogyakarta atau dikenal sebagai Kota Jogja, masih tetap miring ongkos hidupnya. Sebab, Kota Jogja merupakan kota pelajar dan menjadi salah satu ingin menuntut ilmu. 

Itulah mengapa Yogyakarta terkenal murah. Harga kos-kosan di Yogyakarta masih relatif murah yakni sebesar Rp300.000 per bulan. Biaya kos murah, biaya makan di sana pun sangat terjangkau. Anda bahkan bisa membeli satu porsi makanan di warung makan hanya dengan Rp5.000 saja.

3. Sibolga 

Sibolga merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Utara dengan pemandangan yang sangat indah karena memiliki berbagai pantai dan pegunungan.  Bukan hanya kotanya indah, tetapi Sibolga juga menawarkan biaya hidup yang sangat murah. Anda bisa tinggal di kota ini dengan biaya hidup berkisar Rp1 juta sampai Rp1,5 juta per bulan. Biaya ini sudah mencakup biaya kebutuhan sehari-hari seperti makan, transportasi, dan tempat tinggal.  

4. Metro 

Kota Metro adalah salah satu kota yang cukup besar di Provinsi Lampung. Meski masuk dalam kategori kota besar, namun biaya sehari-hari untuk kebutuhan di sana relatif murah.  Jika dihitung-hitung, biaya hidup per bulan di Metro kurang lebih sebesar Rp3 juta. 

Biaya hidup ini sudah meliputi biaya makan, tempat tinggal, transportasi, dan biaya lain-lain.  Untuk harga sewa kamar di Metro pada umumnya sekitar Rp4 juta per tahun atau sebesar Rp350.000 per bulan. Sementara itu, biaya makan per bulan bisa menghabiskan uang berkisar Rp600.000 sampai Rp800.000 per bulan. 

5. Purwokerto 

Kota Purwokerto merupakan ibu kota Kabupaten Banyumas. Kota ini menjadi kota dengan dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Kota ini masuk wilayah Jawa Tengah. Tak hanya asri, kota dengan julukan Kota Satria ini juga menawarkan biaya hidup yang murah. 

Biaya makan di Purwokerto masih berkisar Rp7.000 sampai Rp15.000 untuk satu kali makan di warung makan seperti warteg. Jika dihitung-hitung, total biaya hidup di Purwokerto adalah sebesar Rp2 juta per bulan. Bahkan, di pinggiran kota, kalian masih bisa hidup dengan biaya Rp1 juta per bulan. 

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network