get app
inews
Aa Read Next : Pedagang Martabak Dilaporkan Dishub ke Polisi, Bobby Minta Cabut Laporan

Ternyata Efek Buruk Begadang Tak Cuma Penyakit Stroke, Berikut Penjelasannya

Jum'at, 10 Juni 2022 | 07:00 WIB
header img
8 Efek Buruk Begadang untuk Kesehatan (Foto: Istimewa)

Gagal ginjal

Bahkan efek sering begadang tidak hanya dapat menyebabkan stroke. dr Tirta mengatakan, begadang juga bisa sebabkan gagal ginjal hingga gagal jantung.

Diabetes

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Proceedings of The National Academy of Sciences (PNAS) membuktikan bahwa begadang dan tidur di siang hari dapat mempengaruhi 100 protein dalam tubuh. Kadar gula darah juga jadi meningkat dan berisiko diabetes.

Obesitas

Terganggunya sistem metabolisme pada tubuh mengakibatkan kenaikan berat badan bahkan hingga obesitas. Begadang cenderung membuat Anda lapar, rasa lapar itu kemudian menuntun Anda untuk makan atau ngemil.

Samantha Morrison seorang ahli kesehatan mengungkapkan bahwa konsumsi makanan berlemak atau tinggi gula membutuhkan proses yang lebih lama untuk dicerna sehingga dapat menyebabkan obesitas, gangguan pencernaan hingga stroke.

Depresi

Begadang itu bukan cuma soal menguras fisik tapi juga mental Anda. Waktu yang harusnya dipergunakan untuk tidur malah digunakan untuk melakukan aktivitas lainnya.

Dalam melakukan aktivitas tersebut, saat tubuh merasa lelah Anda rentan overthinking. Overthinking menuntun pada kecemasan yang berlebihan dan Anda lama kelamaan menjadi depresi.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut