get app
inews
Aa Read Next : Simak, Ini Etika Bebas Berpendapat di Ruang Digital

Butuh Peningkatan Literasi untuk Ciptakan Masyarakat Digital yang Pintar

Sabtu, 16 April 2022 | 13:37 WIB
header img
Ada kenaikan sebesar 2,1 juta orang memakai internet untuk melakukan aktivitas di ruang digital.(Foto Ilustrasi Kominfo)

JAKARTA, iNews.id-  Dirjen Aptika Kominfo, Samuel Abrijani Pangerapan, B.Sc, mengatakan jika peningkatan penggunaan media sosial menunjukan adanya perubahan era transformasi digital. 

Dia menyebutkan survey yang dilakukan oleh we are social pada tahun 2022 menunjukan jika pengguna sosial media di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 2.1 juta, menjadi sebesar 204,7 juta pengguna.

"Angka tersebut diperkirakan akan meningkat terus setiap tahunnya. Namun peningkatan teknologi ini tidak luput dari peningkatan resiko, misalnya hoax, cyberbullying, dan penipuan digital," ucapnya dalam Kegiatan Ngobrol Bareng Legislator, Jum'at (15/4).

Hal ini kata Samuel,  disebabkan oleh rendahnya indeks literasi digital Indonesia sehingga perlu adanya peningkatan kapasitas literasi digital agar masyarakat mampu memanfaatkan teknologi digital dengan produktif, bijak, dan tepat guna. 

Dia  mengatakan jika Kominfo menerima mandat dari Presiden Joko Widodo, untuk menjadi garda terdepan dalam memimpin percepatan transformasi digital bangsa Indonesia. Untuk mencapai salah satu tersebut untuk mengembangkan sumber daya manusia digital, Kominfo bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital serta mitra dan jejaringnya, memberikan pelatihan digital untuk mengajarkan literasi digital kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut