get app
inews
Aa Read Next : Rahmaddian Shah Targetkan Rico-Zaki Menang Mutlak di Pilkada Medan

Pantauan Hilal di Medan Tak Terlihat, OIF UMSU: Hilal Terlalu Rendah di Posisi 1 Derajat 45 Menit

Jum'at, 01 April 2022 | 21:35 WIB
header img
Observatorium Ilmu Falak - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF-UMSU) melakukan pemantauan hilal di Kota Medan. Jumat, (1/3/2022). (Foto: Istimewa).

MEDAN, iNews.id - Pemantauan Hilal untuk melihat 1 Ramadan 1443 Hijrah yang dilakukan Observatorium Ilmu Falak - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF-UMSU) di Kota Medan tidak terlihat karena posisi hilal terlalu rendah. 

Kepala OIF UMSU Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar mengatakan bahwa OIF UMSU melakukan pemantauan lewat teleskop yang telah mereka siapkan pada pukul 18.34 WIB. Namun, tidak berhasil melihat hilal dikarenakan posisi hilal terlalu rendah. Hilal masih berada pada posisi 1 derajat 45 menit. 

"Tadi kita lakukan pengamatan. Ternyata itu tidak muncul. Tidak berhasil kita lihat," kata Arwin, Jumat (1/4/2022) malam.

Arwin menjelaskan, faktor hilal tidak teramati karena posisinya terlalu rendah. Sementara, selama OIF UMSU berdiri, hilal paling rendah bisa teramati pada posisi 8 derajat.

"Itu pun hasil pemantauan di stasiun BMKG di Barus, Tapanuli Tengah. Sekitar dua tahun lalu. Jadi di atas 3 derajat, 5 derajat sekali pun tim OIF UMSU belum pernah berhasil. Walaupun dengan menggunakan teleskop yang canggih ini," jelas Arwin. 

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut