get app
inews
Aa Read Next : Cegah Banjir, Puluhan Pos OKP di Medan Dibongkar

Kolaborasi Dengan Pemkot, BRI Regional Medan Sukseskan Program Klaster Usaha dan Salurkan Bantuan

Kamis, 31 Maret 2022 | 19:01 WIB
header img
Pemerintah Kota Medan bersama BRI Region Medan memberikan bantuan kepada klaster usaha di Medan, Kamis (31/3/2022). (Foto: Istimewa)

"Ini merupakan bukti nyata dan komitmen kami dalam mendukung kemajuan UMKM dan mendorong pemulihan ekonomi. BRI sebagai Bank BUMN terbesar yang fokus pada UMKM memiliki tanggung jawab besar untuk menumbuh kembangkan UMKM sebagai roda penggerak ekonomi," kata Budhi. 

"Hal ini disambut baik oleh Pemkot Medan yang selalu siap berkordinasi dan berkolaborasi untuk menumbuh kembangkan UMKM di Medan," ungkapnya. 

Budhi juga menegaskan, saat ini jumlah usaha mikro yang mencapai 98,7 persen dari UMKM di Indonesia telah menjadi tulang punggung perekonomian nasional. 

"Pasalnya, sektor usaha mikro berkontribusi terhadap penyerapan 109,84 juta tenaga kerja atau 89,04 persen dari total tenaga kerja dan menyumbang 37,35 persen dari PDB Tahun 2019 (bedasarkan data Kemenkop dan UKM, 2019)," terang Budhi. 

Karenanya, kata Budhi potensi sektor UMKM khususnya segmen usaha Mikro dan Ultra Mikro (UMi) harus ditingkatkan. Penguatan dan pemulihan UMKM ini sekaligus menjadi cerminan dari kebangkitan ekonomi Indonesia yang menjadi presidensi G20 tahun ini. Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada Oktober 2022 mendatang, pemulihan UMKM diharapkan dapat turut merefleksikan tema G20 yakni recover together, 

Editor : Jafar Sembiring

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut