get app
inews
Aa Read Next : Bobocabin Patra Parapat, Glamping Eksklusif di Tepi Danau Toba

Sofyan Tan : Alamnya Seperti di Swiss dan New Zealand, Samosir Harusnya Mendunia

Kamis, 29 Agustus 2024 | 14:12 WIB
header img
Sofyan Tan saat membuka acara Lintas Samosir 2024 yang diselenggarakan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan kerjasama Komisi X DPR RI di Marianna Resort and Convention, Samosir 28-30 Agustus 2024. (Ist)

MEDAN, iNewsMedan.id - Anggota Komisi X DPR RI dr Sofyan Tan mengatakan Pulau Samosir dengan segala keunggulannya harusnya sudah naik level dalam promosi wisata. Politisi PDI Perjuangan itu pun memberikan beberapa alasan mengapa pulau yang berada di tengah Danau Toba itu levelnya sudah mendunia. 

"Saya pernah ke Swiss dan New Zealand. Samosir ini dari sisi keindahan alamnya tak kalah," ungkap Sofyan Tan saat membuka acara Lintas Samosir 2024 yang diselenggarakan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan kerjasama Komisi X DPR RI di Marianna Resort and Convention, Samosir 28-30 Agustus 2024. 

Beberapa hal yang menjadi keunggulannya adalah pertama, Samosir adalah pulau terbesar kelima di dunia yang berada di tengah danau. Kedua, luas pulau ini mencapai 63.000 hektare atau kurang lebih 640 kilometer persegi yang hampir sama dengan luas negara Singapura. 

Ketiga, ada peristiwa vulkanologi dari terbentuknya Pulau Samosir. Para ahli vulkanologi menyebutkan bahwa ada peristiwa supervulcano purba yang pernah erupsi besar dimana abunya bisa sampai ke Eropa dan Afrika bagian selatan. Hal ini tentu menjadikan Pulau Samosir dan Danau Toba adalah sumber warisan dunia karena peristiwa pembentukannya sempat mempengaruhi iklim dan kehidupan di dunia jutaan tahun lalu. 

Keempat, Samosir kaya akan budaya tradisi yang masih kuat terjaga serta foklore atau cerita rakyat yang menarik. Terakhir yang kelima tentunya keindahan alam yang luar biasa memanjakan mata. 

"Samosir ini saya sebut seperti mutiara bagi Sumatera Utara," ujarnya. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut