get app
inews
Aa Read Next : Publik Amerika Serikat Anggap Joe Biden Terlalu Tua Jabat Presiden untuk Periode Kedua

Biden Bersumpah Jadikan Putin Seorang Paria

Sabtu, 26 Februari 2022 | 10:45 WIB
header img
- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan bakal mengubah Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi "seorang paria" (Foto: Istimewa)

WASHINGTON,iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan bakal mengubah Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi "seorang paria" di panggung dunia sebagai pembalasan atas invasi Moskow ke Ukraina.

Dia menyebut  sanksi yang menurutnya akan merugikan Rusia karena memulai perang tanpa provokasi, tanpa pembenaran, tanpa keharusan. 

"Agresi Putin terhadap Ukraina pada akhirnya akan merugikan Rusia - secara ekonomi dan strategis," kata Biden dalam pidatonya dari Gedung Putih. "Kami akan memastikan bahwa Putin akan menjadi paria di panggung internasional," imbuhnya seperti dilansir dari USA Today, Jumat (25/2/2022). 

Biden dengan tegas mengutuk invasi tersebut, menyebutnya sebagai serangan "rencana" yang akan menyebabkan penderitaan manusia yang meluas. 

Dikatakan oleh Biden bahwa Putin telah merencanakan serangan itu selama berbulan-bulan, menolak "semua upaya itikad baik" oleh para pemimpin dunia untuk menyelesaikan krisis tanpa pertumpahan darah. 

"Putin adalah agresornya," katanya. "Putin memilih perang ini," serunya. Biden mengumumkan sanksi putaran kedua terhadap Rusia, termasuk larangan beberapa ekspor utama AS ke negara itu. Dia tidak merinci ekspor mana yang akan dilarang, tetapi pejabat pemerintah mengatakan bahwa pemutusan pasokan semikonduktor Rusia sedang dipertimbangkan.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut