Masih berkaitan dengan pemanfaatan social commerce, pembahasan dalam Suara UKM Negeri Vol. 5 mengenai “Fenomena Affiliate Marketing pada Social Commerce”. Ditemukan bahwa Fenomena Affiliate Marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang efektif bagi para pelaku UKM di era digital.
Dalam hasil survey Suara UKM Negeri Vol. 5 dijelaskan bahwa mayoritas e-shopper lebih memilih Affiliate Marketing dari pengguna media sosial biasa dan teman sendiri, daripada artis atau influencer dengan jumlah pengikut tinggi.
Selain itu social commerce seperti TikTok, Instagram, dan WhatsApp merupakan platform utama yang sering digunakan oleh para afiliasi untuk pemasaran dengan kemampuan mereka dalam menarik jumlah pembeli yang besar.
Adapun produk fashion menjadi kategori paling banyak dibeli melalui affiliate marketing. Adanya pemanfaatan affiliate marketing, para pelaku UKM mendapatkan akses untuk promosi produk yang mudah dengan harga yang terjangkau.
Diharapkan melalui insight yang diberikan dalam laporan Suara UKM Negeri, teman-teman UKM di Sumatera Utara dapat menggali potensi social commerce dan memanfaatkan strategi pemasaran affiliate marketing untuk meningkatkan brand awareness serta penjualan mereka, serta tetap mengikuti perkembangan tren dan UKM Sumatera Utara dapat Go Digital.
Editor : Odi Siregar