get app
inews
Aa Read Next : 278 Tahun Melayani, PosIND Bertransformasi Jadi Perusahaan Logistik Nasional

Program Ninja Xpress Seller Booster Dukung UKM Sumatera Utara Go Digital

Kamis, 11 Juli 2024 | 15:45 WIB
header img
Program Ninja Xpress Seller Booster Dukung UKM Sumatera Utara Go Digital. (Foto: Amril Pane/iNewsMedan.id)

Hingga akhir 2023, Ninja Xpress telah memiliki 6 hub yang tersebar di Sumatera Utara dan telah menerima juga mengirim lebih dari 45.000 pengiriman produk UKM medan dari dan ke berbagai wilayah Indonesia.

Selain menyediakan fasilitas pembuatan website dan juga foto/video produk, Ninja Xpress juga secara konsisten menerbitkan survey Suara UKM Negeri yang dirilis setiap semester untuk mendukung teman-teman UKM untuk Go Digital dan memahami tren terkini.

Suara UKM Negeri sendiri pertama kali dirilis pada tahun 2021 membahas mengenai Bagaimana UKM menghadapi pandemi. Dalam kegiatan ini disampaikan hasil dua survey terbarunya yaitu Suara UKM Negeri Vol. 4 mengenai “Seluk Beluk Social Commerce di Indonesia” rilis pada Februari 2024 dan Suara UKM Negeri Vol. 5 mengenai "Fenomena Affiliate Marketing pada Social Commerce” yang baru saja dirilis Mei 2024.

Pada hasil laporan Suara UKM Negeri Vol.4  mengenai “Seluk Beluk Social Commerce di Indonesia”, ditemukan bahwa di tengah perkembangan teknologi digital dan juga perubahan karakteristik konsumen, para pelaku UKM dianjurkan untuk mulai memanfaatkan berbagai platform untuk meningkatkan penjualan, tidak berhenti pada pemanfaatan e-commerce.

Para pelaku UKM juga dapat memanfaatkan social commerce yang merupakan platform yang dimulai dari unsur sosial dan digunakan untuk mengembangkan basis pengguna sehingga dapat dimonetisasi untuk berjualan, sehingga bentuk digitalisasi UKM tidak berhenti pada pemanfaatan e-commerce saja, tetapi telah berkembang hingga pemanfaatan social commerce.

Pada hasil riset tersebut, ditemukan bahwa  social commerce memiliki audiens yang lebih luas dari marketplace, bahkan 48% seller mengatakan bahwa social commerce dapat menyediakan lebih banyak pelanggan potensial yang dapat ditargetkan.

Selain itu social commerce juga dirasa mempermudah UKM menemukan target audience mereka dengan konten yang relevan, seperti yang dikatakan oleh 37% seller bahwa social commerce membuka peluang mereka untuk lebih mudah untuk dikenal oleh target audiens yang relevan.

Adapun 34% dari seller mengatakan bahwa mereka perlu mendiversifikasi kanal penjualan mereka untuk menargetkan audiens yang lebih beragam. Dengan adanya pemanfaatan social commerce, para pelaku UKM dapat meningkatkan penjualan melalui pemanfaatan berbagai platform pemasaran yang efektif.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut