get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Korupsi di Telkom Group, KPK Geledah Sejumlah Tempat dan Sita Sejumlah Barang Bukti 

ACFFEST 2024 Awali  Roadshow Movie Day di Kota Medan

Sabtu, 18 Mei 2024 | 15:08 WIB
header img
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memulai rangkaian Anti-Corruption Film Festival (ACFFEST) 2024 dengan menggelar Movie Day di Kota Medan, Sumatera Utara. (Ist)

Tentang ACFFEST 2024

Menandai satu dekade berkarya, helatan ACFFEST 2024 resmi dibuka di Bandung pada tanggal 30 April 2024 dengan tema ‘Satu Dekade Berkarya, Berantas Korupsi Lewat Seni’. Tercatat selama 10 tahun, ACFFEST sudah melahirkan 47 karya ide cerita serta 118 film pendek fiksi yang berhasil eksis di berbagai platform, seperti YouTube, Maxstream, Cinemaworld, Pesawat Garuda Indonesia, Kereta Api Indonesia, Genflix, hingga Bioskop Online. 

ACFFEST 2024 akan terus berlangsung hingga November 2024 dengan berbagai rangkaian acara menarik dalam tujuh kategori utama. Pertama, Kompetisi Nasional yang melibatkan sineas lokal dengan output film-film hasil kompetisi. Kedua, Kompetisi Sinema Aksi untuk Komunitas, sebagai inisiatif baru di ACFFEST 2024, menampilkan Pemutaran Film Antikorupsi untuk menyebarkan budaya antikorupsi kepada berbagai komunitas. 

Ketiga, helatan Movie Day, yaitu roadshow pemutaran dan diskusi film antikorupsi di 10 kabupaten/kota di Indonesia (Medan, Banda Aceh, Makassar, Semarang, Malang, Kupang, Kabupaten Sumbawa, Kota Palu, Singkawang, dan Balikpapan). 

Keempat, International Movie Competition and Screening untuk memperingati satu dekade ACFFEST dengan mengundang 10 negara ASEAN PAC mengikuti kompetisi, diskusi, dan pemutaran film antikorupsi. Kelima, Community Development sebagai upaya KPK dalam mengelola komunitas sineas untuk terus memproduksi film dengan nilai-nilai antikorupsi. 

Terakhir, kategori keenam dan ketujuh, yakni Ajang Apresiasi (Awarding Night) dengan memberikan penghargaan kepada peserta kompetisi ACFFEST serta kesempatan untuk mempererat hubungan dengan mitra kerja KPK (pemerintah, BUMN, kampus, hingga komunitas film). Mitra-mitra ini memainkan peran penting untuk memperluas jangkauan dan dampak ACFFEST dalam menyebarkan gerakan sosial antikorupsi. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut