get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Korupsi di Telkom Group, KPK Geledah Sejumlah Tempat dan Sita Sejumlah Barang Bukti 

ACFFEST 2024 Awali  Roadshow Movie Day di Kota Medan

Sabtu, 18 Mei 2024 | 15:08 WIB
header img
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memulai rangkaian Anti-Corruption Film Festival (ACFFEST) 2024 dengan menggelar Movie Day di Kota Medan, Sumatera Utara. (Ist)

“Kalau tidak punya pengalaman membuat film, jangan khawatir, kita akan bantu membuatkan. Teman-teman tinggal submission karya seperti ide cerita ke kita. Kalau nanti karyanya ternyata terpilih, akan kita berikan mentoring dan kita danai pembuatan filmnya,” jelasnya. 

Di tahun 2024 ini, ACFFEST memiliki kategori Kompetisi Nasional dengan lima menu kompetisi. Mulai kompetisi produksi proposal ide cerita, film pendek fiksi, proposal ide cerita gratifikasi untuk media sosial, film pendek fiksi animasi, sampai re-match produksi proposal ide cerita dari finalis ACFFEST 3 tahun terakhir. 

“Melalui kompetisi ini, kita tidak berharap budaya yang diangkat hanya budaya antikorupsi saja tapi ajang ini juga bisa digunakan untuk memperkenalkan kembali budaya Medan-nya sendiri agar lebih dikenal masyarakat luas. Sehingga bisa dinikmati oleh pecinta film seluruh Indonesia,” tambah Medio. 

Sutradara dan penulis naskah film Rahabi Mandra yang turut hadir di lokasi, berbagi tips terkait pembuatan ide cerita pendek yang mampu dilirik di ajang ACFFEST. Rahabi menekankan pentingnya memilih cerita yang dekat dengan kehidupan sehari-hari yang memiliki salah satu unsur dari 9 (sembilan) nilai antikorupsi (jujur, mandiri, tanggung jawab, sederhana, peduli, disiplin, adil, dan kerja keras). Hal ini bertujuan agar pesan antikorupsi dalam film dapat tersampaikan dengan mudah kepada masyarakat. 

“Film itu adalah karya kolaboratif, tidak dibuat sendirian. ACFFEST sudah mengulurkan tangan untuk teman-teman, silahkan disambut. Jangan sendirian, ramean juga boleh. Bergerak sekarang, ada peluang coba masukan ide kita jangan cuman disimpan doang. Saya menantang kalian untuk mengirimkan ide cerita ke ACFFEST untuk kita wujudkan bersama,” tegas Rahabi. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut