get app
inews
Aa Read Next : VIDEO: Akibat Hujan Deras, Banjir Bandang Terjang Objek Wisata Pemandian Air Panas Pariban Karo

Kerugian Banjir Bandang di Pasaman ditaksir hingga Miliaran Rupiah

Senin, 14 Februari 2022 | 09:50 WIB
header img
Foto Ilustrasi

PASAMAN, iNews.id - Banjir bandang yang diakibatkan luapan Sungai Lundar menghantam  50 rumah di Jorong Lundar Nagari Panti Timur, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Minggu (13/2/2022) kemarin. 

Diperkirakan dari 50 rumah yang dihantam banjir bandang, 20 di antaranya rusak berat. Kerusakan ini akibat banyak material kayu dan batu yang terbawa banjir. 

“Ini karena curah hujan cukup tinggi menyebabkan aliran sungai cukup deras dan ada penyumbatan sehingga air meluap, kemudian banjir. Dari kejadian tersebut ada beberapa rumah yang terendam. Dan dipenuhi oleh lumpur, pasir yang dibawa banjir. Lalu ada potongan-potongan kayu,” kata Kalaska BPBD Kabupaten Pasaman, Alim Bazar, Senin (14/2/2022) 

Daerah dengan 300 KK ini memang langganan banjir setiap tahunnya. Namun, banjir besar yang pernah dialami terakhir kali pada tahun 2016. 

Akses menuju lokasi hingga malam tadi masih belum bisa dijangkau. Pasalnya jembatan penghubung tertutup batang kayu yang terbawa banjir. Selain itu jalan masih digenangi air dengan ketinggian bervariasi mulai dari 1 meter. 
Bahkan beberapa akses ke kampung tersebut putus total akibat longsor. Beruntung tidak ada korban luka dan korban jiwa pada peristiwa ini.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut