get app
inews
Aa Read Next : Ikhlas Tolong Bule Beri Uang Rp20.000, Gadis Yatim Piatu Ini Dapat Imbalan Mengejutkan Rp8 Juta

Keunikan Kampung Gelgel, Desa Islam Tertua di Bali yang Dihuni Keturunan Prajurit Majapahit

Sabtu, 23 September 2023 | 20:00 WIB
header img
Keunikan Kampung Gelgel, Desa Islam Tertua di Bali yang Dihuni Keturunan Prajurit Majapahit. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Keunikan Kampung Gelgel, di Klungkung, Bali menarik untuk dijelajahi. Sebab, kawasan ini merupaka desa tertua yang hanya dihuni keturunan prajurit Majapahit.

Pulau Dewata Bali selama ini dikenal dengan tradisi dan kebudayaannya yang kental dan sangat sakral, serta mayoritas masyarakatnya adalah Hindu. Namun, tahukah Anda, di Pulau Dewata ini terdapat perkampungan bernama Gelgel yang merupakan desa Islam tertua.

Kampung Gelgel berlokasi di Klungkung, Bali. Desa Islam tertua ini konon sudah ada sejak dulu, yang mana warganya berasal dari 40 prajurit Muslim Majapahit.

Dilansir dari laman resmi Desa Kampung Gelgel, dulunya pernah terjadi peristiwa penting dalam Pemerintahan Dalem Ketut Ngelesir sebagai Raja Gelgel I (1380 - 1460), yaitu Raja Bali pernah mengadakan kunjungan ke Keraton Majapahit pada waktu Raja Hayam Wuruk mengadakan konferensi kerajaan-kerajaan yang ada di seluruh Nusantara.

Kemudian, Raja Bali bernama Dalem Ketut Ngelesir kembali ke Bali, yang saat itu dikawal oleh 40 pengiring dari kerajaan Majapahit beragama Islam. Dan sesampainya di Bali, 40 orang pengiring tersebut diberi tempat atau hadiah, yaitu di daerah Gelgel.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut