get app
inews
Aa Read Next : Ikhlas Tolong Bule Beri Uang Rp20.000, Gadis Yatim Piatu Ini Dapat Imbalan Mengejutkan Rp8 Juta

Keindahan Tukad Unda di Bali, Sungai yang Memiliki Air Berlapis-lapis

Selasa, 23 April 2024 | 12:00 WIB
header img
Keindahan Tukad Unda di Bali, Sungai yang Memiliki Air Berlapis-lapis. (Foto: Instagram @tutdeden)

BALI, iNewsMedan.id - Destinasi wisata di Bali selalu menarik untuk dikunjungi. Tak hanya ada pantai yang indah, wisatawan juga wajib untuk singgah ke salah satu desa kecil yang memiliki pemandangan air terjun cantik di Bali.

Ya, Bali Tak hanya memiliki pantai dan pegunungan. Bali juga memiliki objek wisata sungai yang memiliki air berlapis-lapis. Air terjun yang terlihat datar dan seolah seperti tirai panjang ini ditata rapi oleh alam, sehingga menjadikan tempat ini sebagai spot favorit untuk berfoto.

Padahal ini adalah bendungan yang debit airnya cukup banyak dan sering dipakai untuk mengaliri lahan pertanian warga. Objek wisata tersebut bernama Tukad Unda.

"Tukad Unda Bali dibangun di salah satu sungai terbesar di Pulau Dewata Bali. Tukad Unda terletak di Desa Lebah Banjar, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung. Dalam bahasa lokal, tukad berarti sungai dan unda berarti lapisan, sehingga dapat diartikan Tukad Unda adalah sungai yang airnya berlapis-lapis," tulis Instagram @pesonaid_travel.

Di bagian Utara air terjun ini, Anda bisa melihat pemandangan indah Gunung Agung yang menjulang tinggi. Banyak pohon-pohon rindang di sekitar Air Terjun Tukad Unda yang membuat suasananya sangat asri. Bahkan, tempat wisata ini juga sering dijadikan lokasi foto prewedding.

Jika musim hujan tiba, debit airnya bertambah dan airnya berwarna kecoklatan. Sedikit tips, jangan berfoto prewedding ketika musim hujan. Airnya deras, dan sangat berbahaya.

Tukad Unda terletak di Desa Lebah Banjar, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali. Jaraknya cukup dekat dari Kota Denpasar, hanya sekitar 62 km dengan waktu tempuh 1,5 jam. Atau berjarak 44 km dari Bandara Ngurah Rai, dengan waktu tempuh sekitar 55 menit dengan kendaraan bermotor.

Tukad Unda di Klungkung ini sangat mudah di akses karena dekat dengan jalan raya, bahkan dapat dilihat dari atas jembatan penghubung antar kota Klungkung dengan Kecamatan Dawan.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut