get app
inews
Aa Read Next : Ini Provinsi dengan Persentase Muslim Terbesar di Indonesia, Nomor 2 Gorontalo

Menelusuri Jejak Portugis di Gorontalo, Begini Penampakannya

Sabtu, 09 September 2023 | 21:00 WIB
header img
Menelusuri Jejak Portugis di Gorontalo, Begini Penampakannya. (Foto: Instagram @the_dedi)

Tiga bangunan benteng letaknya di puncak bukit dan bersebelahan langsung dengan Danau Limboto yang juga populer di Gorontalo. Jadi kebayang, indahnya pemandangan dari benteng ini. Apalagi saat Danau Limboto sedang diserbu tanaman Eceng Gondok yang tumbuh dan semakin menambah kecantikannya. Siap-siap terpukau.

Lokasi Benteng Otanaha

Untuk mencapai benteng Otanaha, pengunjung harus mendaki 351 anak tangga. Namun tak perlu khawatir kelelahan, karena terdapat empat titik persinggahan yang dapat digunakan untuk beristirahat. Anak tangga di setiap persinggahan tidak sama jumlahnya. Dari perjalanan awal sampai ke persinggahan pertama berjumlah 52 anak tangga, dari persinggahan pertama ke persinggahan kedua berjumlah 83 anak tangga. Sementara, dari persinggahan kedua ke persinggahan ketiga berjumlah 53 anak tangga, dan dari persinggahan ketiga ke persinggahan keempat berjumlah 89 anak tangga. Untuk sampai ke benteng pun harus menaiki 71 anak tangga.

Jika tak mau menaiki anak tangga, Anda dapat menggunakan sepeda motor atau mobil hingga area parkir yang terletak tepat di bawah benteng utama. Hal unik lainnya yang terdapat di benteng ini adalah proses pembuatannya, batu-batu yang menjadi material utama untuk membangun benteng ini direkatkan dengan putih telur burung Maleo yang merupakan burung endemic Sulawesi.

Selain sebagai objek wisata sejarah, Benteng Otanaha juga menawarkan spot-spot yang bagus bagi para pengunjung yang gemar berfoto dengan latar Danau Limboto. Dari atas benteng, Anda akan disuguhi pemandangan sebagian wilayah Kota Gorontalo, khususnya permukiman warga di tepian Danau Limboto. Rumah beratap seng tampak dari atas, serta kendaraan yang berlalu lalang di jalanan juga tampak jelas. Dari benteng ini pula pemandangan utuh danau dari sisi barat bisa Anda saksikan.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut