get app
inews
Aa Read Next : Ini Provinsi dengan Persentase Muslim Terbesar di Indonesia, Nomor 2 Gorontalo

Menelusuri Jejak Portugis di Gorontalo, Begini Penampakannya

Sabtu, 09 September 2023 | 21:00 WIB
header img
Menelusuri Jejak Portugis di Gorontalo, Begini Penampakannya. (Foto: Instagram @the_dedi)

Penasaran, seperti apa kampung unik peninggalan Portugis masa lalu? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (9/9/2023).

Kampung Unik di Gorontalo

Gorontalo memiliki destinasi wisata sejarah yang mengagumkan. Namanya Benteng Otanaha. Bangunan yang berdiri di atas bukit ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di kota berjuluk Serambi Madinah. Bahkan, menjadi wisata Instagenik di kalangan traveler. Benteng ini dibangun oleh Raja Ilato pada 1522 Masehi.

Benteng Otanaha mempunyai tiga bangunan yang masing-masing diberi nama Otanaha sebagai benteng utama, Otahiya dan Ulupahu untuk benteng dua lainnya. Otanaha sendiri berasal dari bahasa setempat di mana Ota yang mempunyai arti benteng dan Naha yang merupakan nama anak dari Raja Ilato yang menemukan kembali benteng ini.

Benteng ini dibuat atas kesepakatan antara Raja Ilato dan Bangsa Portugis yang saat itu tiba di Gorontalo. Benteng dibuat dengan tujuan sebagai benteng pertahanan dari serangan musuh. Namun, Portugis pada akhirnya tidak menganggap kesepakatan tersebut dan berniat mengambil alih kekuasaan di Gorontalo. Raja Ilato beserta masyarakat Gorontalo pun berperang melawan Portugis untuk mempertahankan wilayah Gorontalo. Setelah Portugis berhasil diusir dari Gorontalo, benteng ini digunakan sebagai benteng pertahanan oleh raja-raja selanjutnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut