get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sukses Pelaku Budi Daya Tanaman Stroberi di Sulawesi Barat, Tiap Bulan Raup Jutaan Rupiah

Kisah Sukses Pengusaha Muda Jualan Donat di Tasikmalaya, Raih Omzet Rp200 Juta per Bulan

Kamis, 31 Agustus 2023 | 13:00 WIB
header img
Kisah Sukses Pengusaha Muda Jualan Donat di Tasikmalaya, Raih Omzet Rp200 Juta per Bulan. (Tangkapan Layar)

Dia menuturkan, memulai varian rasa donat cokat dan keju, tapi dia terus berinovasi untuk membuat Donat SiBugsu berkembang. Salah satu inovasi yang dilakukannya adalah dengan membuat donat karakter dan tulisan.

Hal itu menjadi ide Ega karena dia memiliki kemampuan menggambar. Ternyata varian donat karakter sangat diminati anak-anak, bahkan kerap dijadikan sebagai hadiah ulang tahun.

Tak berhenti di situ, Ega juga membuat donat asin. Ide itu tercetus dari ketidaksukaannya pada rasa manis. Ega kemudian mencoba membuat donat asin dengan menggunakan topping saos dan abon.

"Saya bikin donat asin pakai saos dan abon, ternyata laku dijual karena tidak semua orang suka donat manis. Dari sini saya berpikir, kalau punya ide, lakukan, jangan ditunda-tunda. Belajar untuk melaksanakan ide karena bisa jadi itu petunjuk untuk mengembangkan usaha kita," tutur Ega.

Dia mengungkapkan, awalnya hanya membuat 50 pcs donat, namun sekarang produksi Donat SiBungsu mencapai 2.000 pcs per hari. Harga jualnya pun cukup terjangkau. Donat dengan varian rasa biasa Rp4.000, sedangkan donat karakter Rp5.000. 

"Alhamdulillah, sekarang sudah punya toko sendiri. Produksi Donat SiBungsu sekitar 2.000 pcs per hari, dan omzetnya per bulan bisa mencapai Rp200 juta," kata Ega.

Dia mengatakan, akan terus menjalankan bisnis tersebut sampai bisa membahagiakan dan menyejahterahkan ayahnya. Bagi Ega, ayahnya adalah sosok pejuang yang rela banting tulang menghidupi keluarga dan membesarkan anak-anak sendirian karena ibu Ega meninggal saat dia masih SD.

"Pas saya SD, ibu sudah meninggal. Makanya saya dekat dengan bapak. Saya lihat bapak banting tulang buat keluarga, sampai jual donat dari rumah ke rumah bahkan ke kampung lain, makanya saya mikir kalau bapak saya bisa kenapa saya enggak," ungkap Ega.

Saat ditanya apa rahasia suksesnya, Ega mengatakan ada 4 hal yang menjadi kunci kesuksesannya, yaitu yaitu mencintai pekerjaan, jangan berhenti mencoba, jangan berhenti berinovasi, dan jaga konsistensi.

"Cita-cita saya ingin membahagiakan bapak saya, ingin menyejahterahkan beliau. karena saya tahu bagaimana beliau banting tulang untuk keluarga. Makanya saya akan terus berusaha sampai cita-cita saya tercapai," tutur Ega.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul Pilih Resign, Pemuda Ini Sukses Jualan Donat dengan Omzet Rp200 Juta per Bulan

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut