get app
inews
Aa Read Next : Siap Lawan Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut, Ijeck: Jangan Ada Pola-pola Fitnah

Mentan Syahrul Yasin Limpo Puji Ketersediaan Pangan di Sumut: Saya Apresiasi Gubernur

Jum'at, 04 Agustus 2023 | 18:34 WIB
header img
Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menghadiri Rapat Koordinasi tentang antisipasi El Nino. (Foto: Dok Diskominfo Sumut)

MEDAN, iNewsMedan.id - Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo memuji Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi atas keberhasilan mencukupi ketersediaan pangan di Sumut.

Syahrul juga meminta Edy Rahmayadi untuk berkontribusi mengantisipasi dampak El Nino. Jika El Nino terjadi, maka akan menyebabkan kekeringan di beberapa wilayah di Indonesia.

“Saya apresiasi Gubernur, kepentingan pangan untuk rakyat Sumut sudah selesai, tapi Sumut harus berkontribusi bagi rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, hari ini saya mendapatkan komitmen (kontribusi) itu dari Gubernur Sumut,” ujar Mentan Syahrul pada Rapat Koordinasi (Rakor) tentang antisipasi El Nino, di Aula Raja Inal Siregar, Jalan Diponegoro, Kota Medan, Jumat (4/8/2023).

Kementan pun akan terus bersinergi dengan Pemprov Sumut untuk meningkatkan produktivitas pertanian yang sudah surplus di Sumut. Sehingga pangan dari Sumut dapat membantu wilayah lain di Indonesia, yang kekurangan. 

Ia pun optimis, apabila ketersediaan pangan Sumut mencukupi atau aman, maka Indonesia pun bisa diperkirakan aman. Kementerian Pertanian pun siap menyediakan alat mesin pertanian sebanyak 100 unit untuk Sumut. 

Dijelaskannya, antisipasi El Nino merupakan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Presiden meminta Mentan untuk menyiapkan lahan sebanyak 500 ribu hektare di berbagai provinsi, mulai dari Sumut, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Serta provinsi pendamping mulai dari Lampung, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan dan Banten. 

“Sebanyak 500 ribu hektare ini tentu diambil di daerah hijau, daerah hijau itu ketersediaan air bisa kita jamin, dan kita gunakan mekanisasi dan intervensi teknologi dan kekuatan varietas tanaman,” ujar Syahrul. 

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut