get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Ribu Ikan Mati Akibat Gelombang Panas di Vietnam, Diperkirakan Capai 200 Ton

Fenomena Embun Es di Dieng Jadi Daya Tarik Wisatawan

Sabtu, 29 Juli 2023 | 13:00 WIB
header img
Embun es di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. (Foto: Elis Novit/iNews)

BANJARNEGARA, iNewsMedan.id - Suhu di kawasan dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah menyentuh minus 3,5 derajat celsius. Hal ini pun memunculkan fenomena embun es.

Embun es di rerumputan terlihat bak hamparan salju jika dilihat dari kejauhan. Kemunculan embun es akibat adanya penurunan suhu yang cukup ekstrem.

Fenomena ini kembali muncul dengan ketebalan mencapai 0,5 sentimeter. Embun es muncul di rumput, daun-daun di Komplek Candi Arjuna, hingga lahan pertanian warga.

Kemunculan embun es ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Meski udara dingin cukup ekstrem, wisatawan rela menyusuri sudut area di seputaran Candi Arjuna untuk berburu foto embun es.

Pada waktu dini hari, suhu di Dieng bahkan berkisar antara 0 derajat celsius hingga minus 7 derajat celsius. Fenomena embun es ini menjadi pemandangan yang cukup unik dan langka.

"Ini menjadi salah satu fenomena yang ditunggu oleh para wisatawan karena pada pagi hari ini banyak wisatawan yang berburu embun es," ujar Kepala UPT Dieng, Sri Utami, Jumat (28/7/2023).

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut