get app
inews
Aa Read Next : Keindahan Tukad Unda di Bali, Sungai yang Memiliki Air Berlapis-lapis

Keindahan Lau Mentar di Deli Serdang, Sungai dengan Warna Air Hijau Kebiruan

Rabu, 14 Februari 2024 | 12:00 WIB
header img
Keindahan Lau Mentar di Deli Serdang, Sungai dengan Warna Air Hijau Kebiruan. (Foto: Instagram@ebnu.aee)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Terdapat destinasi wisata dengan pemandangan alam yang menarik untuk dijelajahi oleh wisatawan yang berkunjung ke Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Bagi traveler berjiwa petualang, mengunjungi destinasi wisata yang ada di Desa Liang Muda, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara ini bisa jadi referensi. Walaupun tak setenang Air Terjun Dwi Warna Sibolangit atau Air Terjun Sipiso-piso, tempat wisata bernama Lau Mentar Canyon ini memiliki air berwarna biru yang tak kalah indah.

Di sekitar aliran sungainya terdapat dinding bebatuan yang disebut-sebut mirip kawasan Grand Canyon, Arizona. Terselip di antara tebing, terdapat gua yang bisa diakses para pencari ketenangan di pedalaman Sumatera Utara.

"Lau Mentar Canyon, sungai indah dengan air yang cukup jernih. Lokasinya yang jauh dari permukiman warga, membuat Lau Mentar masih asri hingga sekarang. Surga kecil di Deli ini memang menyuguhkan suasana wisata alam yang berbeda. Perlu diketahui, di musim kemarau warna air Lau Mentar akan sangat jernih dengan warna biru tosca" tulis Instagram @Indoflashlight.

Untuk mencapai Lau Mentar memang butuh perjuangan. Traveler harus menempuh bentangan jarak sekitar 63 kilometer dari Kota Medan, atau sekitar tiga jam perjalanan menggunakan kendaraan. 

Jalan menuju ke sana juga masih berupa bebatuan dan tidak beraspal. Lama perjalanan bisa memakan waktu empat hingga lima jam. Ketika tanah sedang basah, bisa lebih lama lagi. Lokasinya sepi, sebab jauh dari permukiman. Hanya terdapat 30 rumah penduduk yang tersebar di area sungai.

Butuh banyak tenaga dan waktu untuk sampai di lokasi. Namun, semua pengorbanan itu akan terbayar saat traveler tiba di lokasi. Tebing tingginya masih ditumbuhi lumut, batu besarnya juga bersih. Aliran air sungainya panjang. 

Tak hanya bisa melihat panorama air sungai yang mengalir jernih. Traveler juga bisa mengunjungi objek wisata alam lain yang mengitari kawasan Lau Mentar Canyon. Ada Gua Harimau, Air Terjun Lau Mentar, dan Gua Canyon yang terkenal dengan keindahannya.

Meski banyak tempat menarik, tetap saja, daya tarik utamanya adalah aliran Sungai Lau Mentar. Traveler bisa menceburkan diri ke sungai. Bermain dengan airnya yang jernih. Di sepanjang sungai memantulkan warna hijau. Pemandangan langka untuk kategori sungai. Apalagi saat sedang tidak hujan, warna air sungainya bisa kebiruan.

Lau Mentar Canyon memang terkenal karena warna airnya yang hijau kebiruan. Itu pun jika cuaca sedang baik. Tidak disarankan datang saat musim hujan karena akan sia-sia. Sudah melewati medan ekstrem, tapi mendapati air yang keruh.

Untuk sampai ke lokasi objek wisata sungai ini perlu melewati medan yang sulit, traveler dianjurkan menggunakan sepeda motor yang bisa disewa dari penduduk maupun guide setempat. 

Sebelum sampai ke Desa Rumah Liang, ada beberapa tempat wisata alam yang ada di Kecamatan STM Hulu, di antaranya Air Terjun Tarunggang, Danau Linting, dan Air Terjun Pelangi.

Aksesnya mudah karena tidak perlu trekking dan melewati jalan rusak. Beberapa objek wisata tersebut masih bisa diakses dengan sepeda motor. Mobil bisa masuk ke dalam.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut