get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Briptu Julhamadi Munthe Jadi Guru Bahasa Arab, Wujudkan Santri Berakhlaqul Karimah

Sosok Marie Curie, Wanita Pertama yang Memenangkan Hadiah Nobel Tahun 1903

Rabu, 26 Juli 2023 | 20:00 WIB
header img
Sosok Marie Curie, Wanita Pertama yang Memenangkan Hadiah Nobel Tahun 1903. (Foto: Zilbest)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Marie Curie jadi sosok yang berpengaruh dalam kemajuan sains dan teknologi di dunia. Ia merupakan wanita pertama yang memenangkan hadiah Nobel pada tahun 1903.

Dikutip dari laman resmi Nobel Prize, Senin (24/7), Marie Curie berhasil mengembangkan penemuan polonium, radium, serta X-ray. Namun pada 1934, wanita asal Polandia itu meninggal dunia akibat anemia aplastik yang diduga disebabkan oleh paparan radiasi.

Wanita pertama yang memenangkan hadiah Nobel tahun 1903

1.Latar belakang dan kehidupan pribadi Marie Curie

Dilansir dari situs Biography, Marie Curie yang memiliki nama asli Maria Sklodowska lahir di Warsawa (sekarang Polandia) pada 7 November 1867. Anak bungsu dari lima bersaudara ini kehilangan ibunya sejak berusia 10 tahun, sedangkan ayahnya merupakan guru matematika dan fisika.

Marie Curie yang mewarisi kecerdasan ayahnya dikenal sangat unggul di sekolah. Kendati demikian, akses perempuan terhadap pendidikan yang tidak begitu baik membuatnya harus menempuh pendidikan perguruan tinggi di kelas informal secara rahasia.

Demi mengumpulkan uang untuk mewujudkan mimpinya berkuliah di luar negeri, Marie Curie rela bekerja sebagai tutor dan pengasuh. Di waktu luangnya, ia tetap belajar serta membaca buku fisika, kimia dan matematika.

Pada tahun 1891, Marie Curie akhirnya pergi ke Paris dan mendaftar kuliah di Universitas Sorbonne. Karena keuangan yang tidak mendukung, ia sering sakit-sakitan karena pola makannya sangat buruk.

Meskipun demikian, Marie Curie mampu memperoleh gelar masternya di bidang fisika pada tahun 1893 dan mendapat gelar di bidang matematika pada tahun berikutnya.

Setelah lulus dari Universitas Sorbonne, Marie dikenalkan oleh salah seorang teman dengan Pierre Curie yang merupakan fisikawan Prancis. Usai melakukan penelitian bersama, benih-benih cinta bermunculan hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menikah pada 26 Juli 1895.

Dua tahun setelah menikah, keduanya dikaruniai seorang putri yang bernama Irène. Pasangan itu kembali memiliki anak kedua, Ève pada tahun 1904.

Sayangnya, Pierre Curie meninggal dunia pada 1906 di Paris. Marie Curie pun mengambil alih jabatan sang suami di Universitas Sorbonne dan menjadi profesor wanita pertama di institusi tersebut.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut