get app
inews
Aa Read Next : Sosok Ramai Rumakiek, Pemain Andalan Timnas Indonesia di Asian Games 2022

Sosok Wilda Nurfadhilah, Pemain Voli Berhijab asal Indonesia dengan Beragam Prestasi

Sabtu, 05 Agustus 2023 | 14:00 WIB
header img
Atlet voli, Wilda Nurfadhilah. (Foto: Instagram/wildanurfadhillah)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Atlet voli Wilda Nurfadhilah kerap menjadi sorotan publik usai bertanding mengenakan hijab pada ajang SEA Games lalu.

Karenanya, penampilannya di lapangan terlihat sangat mencolok. Namun di luar itu, ia dikenal sebagai middle blocker terbaik yang dimiliki negara ini dengan beragam prestasi yang telah diraih.

Lantas, bagaimana sosok Wilda Nurfadhilah? Berikut ini adalah profil dan biodatanya, yang dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Kamis (3/8/2023).

Profil Wilda Nurfadhilah

Didorong sang ibu untuk menjadi pemain voli Wilda Nurfadhilah telah mengenal voli sejak masih duduk di bangku kelas 5 SD atau ketika berusia 9 tahun. Saat itu, ia didorong sang ibu yang juga hobi bermain voli untuk menekuni cabang olahraga tersebut.

Awalnya, Wilda Nurfadhilah banyak diikutkan lomba voli antar kampung lalu dimasukkan oleh sang ibu ke klub Alko Bandung untuk semakin mengasah bakatnya. Gadis manis ini lalu mengikuti kompetisi voli untuk pertama kalinya pada tahun 2010 dengan membela klubnya tersebut.

Beberapa kali membela klub voli ternama

Karier Wilda Nurfadhilah di cabang olahraga bola voli semakin mentereng, di mana ia sempat membela sejumlah klub ternama. Klub-klub tersebut antara lain Manokwari Valeria Papua Barat, Bandung BJB Pakuan, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, dan Jakarta PGN Popsivo Polwan.

Selain itu, Wilda juga bergabung dengan Jakarta Elektrik PLN dan mampu membawa timnya menjadi juara Proliga selama dua tahun berturut-turut. Di tahun 2023, ia adalah salah satu pemain di klub Bandung BJB Tandamata dan berhasil menyabet gelar juara pada Proliga 2022 dan 2023 untuk timnya.

Biodata Wilda Nurfadhilah

Nama Lengkap: Wilda Siti Nurfadhilah Sugandi

Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, Jawa Barat, 7 Februari 1995

Profesi: Atlet voli, Pengusaha

Pendidikan: Universitas Bandung Raya (S1), STKIP Pasundan (S2)

Ayah: Ugan Sugandi

Ibu: Wiwi Lestiani

Tim Proliga 2023: Bandung BJB Tandamata

Tinggi Badan: 178 cm

Posisi: Middle Blocker

Spike: 275 cm

Block: 250 cm

Instagram: @wildanurfadhilahh

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut