get app
inews
Aa Read Next : Jenderal Batak Ini Pernah Minta Bung Karno Jangan Kenakan Seragam Militer dalam Berbagai Kesempatan

Sosok Pejuang Tanah Batak Sisingamangaraja XII, Pahlawan Nasional Dikenal Sakti Bisa Usir Roh Jahat

Senin, 24 Juli 2023 | 10:00 WIB
header img
Makam Sisingamangaraja XII (Foto: Dir Pariwisata)

Pahlawan Nasional Dikenal Sakti Bisa Usir Roh

Bahkan, disebutkan jika Sisingamangaraja XII merupakan kesatria Batak yang sakti. Diyakini bahwa sang Raja Singa Agung tersebut mempunyai kekuatan memanggil hujan, mengendalikan penanaman padi, dan dapat mengusir roh jahat.

Churmatin Nasoichan dalam bukunya Media Penulisan Pustaha Laklak dijelaskan, jika nenek monyak Suku Batak memiliki kemampuan supranatural. Terdapat peninggalan nenek moyang Batak berupa ilmu hitam, ilmu putih, ilmu nujum, dan lain-lain, yang diwariskan dalam bentuk pustaha laklak.

Di akhir periode Perang Batak, Belanda berhasil melakukan pengepungan di daerah Dairi, tempat Sisingamangaraja XII berada. Tak mudah menyerah, Sisingamangaraja masih terus melancarkan perlawanan sampai akhirnya ia tewas dalam pengepungan itu. Sisingamangaraja XII meninggal dunia pada 17 Juni 1907 akibat terkena timah panas yang ditembakkan oleh pasukan Belanda.

Makam Sisingamangaraja XII kini berada di dalam Komplek Taman Makam Pahlawan Sisingamangaraja di Balige. Sebelumnya, dia dimakamkan di Tarutung, Tapanuli Utara. Namun, atas inisiatif Presiden Soekarno, makam Sisingamangaraja XII dipindahkan ke Soposurung, Balige pada tahun 1953. Diketahui, Balige adalah lokasi pertama meletusnya perang yang terjadi antara pasukan Sisingamangaraja XII dan pasukan Belanda.

Artikel ini telah terbit di halaman iNewsSumut.id dengan judul Sosok Kesatria Batak Sisingamangaraja XII, Pahlawan Nasional Dikenal Sakti Bisa Usir Roh

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut