get app
inews
Aa Read Next : Besok, Ganjar Pranowo Kampanye Akbar di Lapangan Astaka Deli Serdang

Usbat Ganjar Edukasi Masyarakat Medan tentang Mandi Janabah

Rabu, 14 Juni 2023 | 20:54 WIB
header img
Usbat Ganjar Edukasi Masyarakat Medan tentang Mandi Janabah. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Masyarakat Kota Medan menyambut baik dan antusias pelatihan mandi janabah yang diadakan sukarelawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar di Jalan Kawat II, No 28, Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (14/6/2023). 

Koordinator Daerah Usbat Ganjar Kota Medan Ustaz M Nizar Nur menyampaikan, mandi janabah sendiri ialah istilah yang merujuk pada keadaan tidak suci setelah melakukan hal-hal tertentu, di antaranya hubungan suami istri, haid, melahirkan, keluarnya air mani baik disengaja maupun tidak. 

"Kami mengadakan pelatihan mandi janabah. Setelah pelatihan ini diadakan, alhamdulillah masyarakat tercerah," kata Nizar. 

Nizar mengemukakan mandi janabah dilakukan dengan cara niat, menyiram seluruh tubuh dengan air yang suci, membasuh rambut, dan memastikan bahwa seluruh tubuh telah terkena air dengan sempurna. Setelah melakukan manfi janabah, maka ibadah pun menjadi sah. 

"Dalam mengangkat hadas besar harus ada niat, membasuh dengan air dari ujung kaki ke kepala. Jangan sampai di antara badan itu tidak dikenai air. Itu mandi janabah," tegasnya. 

Nizar menyatakan pihaknya berencana untuk terus menyelenggarakan kegiatan serupa di berbagai wilayah untuk memastikan bahwa masyarakat memiliki pengetahuan yang memadai dalam menjalankan ibadah. 

Dengan demikian, mereka berharap dapat membantu umat muslim dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan mereka.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut