get app
inews
Aa Read Next : Siapa Saja Pemain Sepak Bola Tercepat di Dunia? Berikut Daftarnya

10 Negara Paling Banyak Mengekspor Pemain sepak Bola, Nomor 1 Brasil

Jum'at, 02 Juni 2023 | 15:30 WIB
header img
Timnas Brasil. (Foto: REUTERS)

JAKARTA, iNewsMedan.id - 10 negara paling banyak mengekspor pemain sepak bola. Negara-negara di benua biru mendominasi. 

Sepak bola tidak hanya sebatas kesebelasan di atas lapangan, tetapi juga sebagai bisnis global. Bahkan banyak negara memanfaatkan sepak bola sebagai salah satu pemasukan uang.

Luasnya dunia membuat para pesepak bola tak hanya berpikir untuk berkarir di negara sendiri. Mereka rela meninggalkan kampung halaman dan terbang hingga ke negara lain. Hal tersebut dilakukan karena ada berbagai alasan yang menyertai keputusan tersebut.

Kedatangan pemain asing pun disambut hangat dalam sebuah kompetisi, tak jarang para pemain asing ini menjadi daya tarik bagi kompetisi domestik tersebut. Bahkan pemain asing mendapatkan gaji yang melebihi pemain-pemain lokal.

Bukan hanya itu, para pemain sepak bola akan berusaha bermain di klub-klub besar yang berada di Eropa. Keputusan tersebut diambil karena liga yang kompetitif dan menjadi pusat perhatian di seluruh dunia.

Melansir dari CIES Football Observatory, Brasil menjadi negara yang paling banyak mengekspor pemain sepak bola dengan 1.330 pemain. Hal tersebut tidak mengejutkan, karena sepak bola telah menjadi budaya di Brasil.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut