get app
inews
Aa Read Next : Schneider Electric Dukung Pengembangan Industri dan Bangunan Hijau Melalui Solusi Digital

Pemerintah hingga Influencer Berperan Penting Meminimalisir Intoleransi di Dunia Digital

Selasa, 28 Maret 2023 | 09:49 WIB
header img
Pemerintah hingga Influencer Berperan Penting Meminimalisir Intoleransi di Dunia Digital. (Foto: Ist)

Founder dan CEO I-Hi Consulting, Rusdian Hafiz menyatakan bahwa Indonesia merupakan negara multikultural yang memiliki beranekaragam suku, budaya dan agama.

Keadaan tersebut menjadikan Indonesia memiliki beberapa tantangan di era digital, diantaranya adalah berkurangnya toleransi masyarakat, menipisnya kesopanan dan kesantunan, serta menghilangnya budaya masyarakat Indonesia. 

“Toleransi di era digital sangat penting dan diperlukan. Karena, di dalam media digital juga terdapat banyak sekali macam informasi yang ditampilkan. Kemajemukan tradisi, budaya, agama, sampai hal-hal yang lebih kompleks nyata bisa terlihat oleh semua orang yang melihatnya. Maka dari itu, pentingnya harus mempunyai rasa toleransi yang tinggi dalam menggunakan media digital. Sehingga, dapat mencegah konflik antar masyarakat, menumbuhkan rasa saling menghormati, tidak mudah terprovokasi di media sosial, memiliki sikap rasional, serta menumbuhkan persaudaraan antar masyarakat,"kata Rusdian. 

Toleransi juga terdapat dalam makna atau nilai-nilai dalam Pancasila yaitu satu, saling menghormati antar umat beragama. Kedua, bersikap adil dan tidak membedakan manusia berdasarkan suku, agama, warna kulit, tingkat ekonomi, maupun tingkat pendidikan. 

Ketiga, cinta tanah air dan bangsa, menjaga nama baik bangsa dan negara, cinta perdamaian, persatuan dan kesatuan. Keempat, mengedepankan hasil musyawarah, menyuarakan aspirasi tanpa mengedepankan kepentingan golongan. 

Kelima, tidak mengintimidasi orang dengan hak milik kita, menjunjung ringgi nilai kekeluargaan, menghormati hak dan kewajiban orang lain. 

“Menjadi Indonesia di era digital, penting untuk menyadari bahwa kita merupakan bagian dari negara majemuk, multikulturalis, sekaligus demokratis. Maka dari itu, penting untuk menerapkan sikap toleran dan selalu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari demi menjaga perdamaian masyarakat Indonesia di dunia digital," pesan Rusdian.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut