get app
inews
Aa Read Next : Schneider Electric Dukung Pengembangan Industri dan Bangunan Hijau Melalui Solusi Digital

Pemerintah hingga Influencer Berperan Penting Meminimalisir Intoleransi di Dunia Digital

Selasa, 28 Maret 2023 | 09:49 WIB
header img
Pemerintah hingga Influencer Berperan Penting Meminimalisir Intoleransi di Dunia Digital. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsMedan.id- Berkembangnya teknologi saat ini sangat mempengaruhi aktifitas semua orang. Dengan adanya media digital, diharapkan dalam penggunaannya dapat digunakan dan dimanfaatkan secara baik dan maksimal. 

Dunia digital sekarang ini sudah seperti tidak ada batasannya, yang mana semua orang dapat berpendapat dan berkomentar dengan mudah melalui aplikasi digital. Maka dari itu, pentingnya mengetahui batasan serta toleransi di dunia digital

Anggota Komisi I DPR RI, Anton Sukartono Suratto, M.Si menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia sejak dahulu dikenal sebagai masyarakat yang sangat ramah dan santun dengan budi pekerti baik serta toleran.

Namun, dengan kemajuan teknologi yang ada sekarang ini menjadi tantangan tersendiri mengenai toleransi di Indonesia. 

“Era keterbukaan serta kemudahan dalam mengakses informasi telah menggiring masyarakat Indonesia untuk menelan mentah-mentah beragam opini. Salah satunya bersifat provokasi dan informasi yang menyesatkan tanpa data dan fakta. Issue dan paham radikal, intoleransi bahkan terorisme datang dan berkembang bersamaan dengan arus globalisasi dan kemajuan teknologi. Hal itu lah yang kemudian dapat memecah kerukunan dan kedamaian dalam masyarakat,"ucap Anton dalam Webinar Ngobrol Bareng Legislator: Toleransi di Dunia Digital, Senin (27/3). 

Anton menyampaikan pemerintah, agamawan, tokoh masyarakat serta influencer sangat penting dalam menjadi teladan agar meminimalisir polarisasi dan intoleransi yang terjadi di tengah masyarakat.

Yang mana toleransi merupakan salah satu nilai penting yang perlu diterapkan di era digital oleh seluruh kalangan. 

Anton juga memaparkan bahwa toleransi di Indonesia tercatat baik. Namun, sejumlah indikator masih membutuhkan akselerasi perbaikan. 

"Salah satunya, kecakapan pengguna teknologi. Selain didorong untuk mampu menguasai instrumen digital, pengguna teknologi juga wajib bertanggung jawab saat beraktivitas di dunia maya. Karena itulah, literasi digital menjadi kunci penting untuk mewujudkan praktik demokrasi dan toleransi di era digital," bebernya. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut