get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Ribu Ikan Mati Akibat Gelombang Panas di Vietnam, Diperkirakan Capai 200 Ton

10 Kota Terdingin di Dunia, Nomor 1 Suhu Tahunan Capai Minus 1,3 Derajat Celcius

Minggu, 12 Maret 2023 | 11:00 WIB
header img
Ilustrasi. (iStock/Wired)

6. Fairbanks, Amerika Serikat   

Fairbanks merupakan kota dari Amerika Serikat dan Ibu Kota dari Borough Fairbanks North Star Borough di Amerika Serikat. Fairbank juga termasuk dari kota terbesar dan terdingin, terletak tepat di utara Taman Nasional dan Cagar Alam Denali, Alaska, AS. Pada Januari, suhu di sana rata-rata mencapai sekitar -21 derajat celcius. Selain itu, Alaska juga terkenal dengan pemandangan aurora yang sangat indah. Kota ini juga menarik perhatian para penggemar cuaca dingin untuk melakukan aktivitas di alam liar. 

7. Nur Sultan, Kazakhstan 

Kota ini merupakan nama baru bagi kota Astana yang merupakan ibu kota negara kazakhstan sejak 1997. Nur Sultan menjadi salah satu kota paling dingin di dunia, karena pada saat Januari, suhu rata-rata bisa mencapai -16 derajat celcius. Sampai sungai Isim yang ada di sana pun membeku. Para penduduk juga pergi ke sungai untuk bermain selancar es.

8. Waghete, Papua, Indonesia 

Waghete merupakan kota kecil yang terletak di kabupaten Deiyai, Provinsi Papua. Dijuluki sebagai kota terdingin di Indonesia, suhu rata-ratanya bisa mencapai 15 derajat celcius saat siang hari. Sedangkan di malam hari suhu rata-ratanya bisa mencapai 10 derajat celcius. 

9. Irkutsk, Rusia  

Irkutsk merupakan salah satu kota industri yang berada di Siberia, Rusia, dan mendapatkan peringkat kelima sebagai kota paling dingin di dunia. Penduduknya harus menghadapi suhu rata-rata bisa mencapai -18 derajat celcius pada saat Januari. Kota ini dekat dengan Danau Baikal, termasuk dari danau terdalam di dunia.

10. Yellowknife, Kanada 

Yellowknife adalah ibu kota dari Northwest Territories di Kanada. Kota ini memiliki jumlah penduduk sedikit sekitar 20.000 orang pada 2016. Terletak di pantai utara Danau Great Slave dari Teluk Yellowknife dekat mulut Sungai Yellowknife. Suhu rata-rata di kota Yellowknife bisa mencapai -14 derajat celcius.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul 10 Kota Paling Dingin di Dunia, Ada dari Indonesia yang Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup!

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut