get app
inews
Aa Read Next : Putin Sebut Negara Barat Tak Boleh Dibiarkan Memonopoli Pengembangan Kecerdasan Buatan

Ini Alasan 336.200 Orang Betah Tinggal di Yakuts, Kota Terdingin di Dunia

Senin, 28 November 2022 | 10:53 WIB
header img
Wilayah Siberia di sebelah utara Rusia sudah terkenal sebagai daerah yang dingin, bahkan Ibu Kota Yakuts merupakan kota yang paling dingin di dunia. Foto/Live Science

YAKUTS, iNewsMedan.id - Dengan temperatur mencapai 60 derajat celcius, Ibu Kota Yakuts yang berada di wilayah Siberia di sebelah utara Rusia terkenal sebagai kota terdingin di dunia

Bahkan beberapa warga di Yakuts mengatakan pernah mengalami suhu yang lebih dingin selama beberapa hari. Namun, mereka tidak dapat memverifikasinya karena termometer hanya sanggup mengukur sampai suhu minus 63 derajat celcius. 

Selain Yakuts, ada kota yang lebih dingin di wilayah Siberia, yaitu Oymyakon. Suhu terendah di Kota Oymyakon tercatat sampai minus 71,2 derajat celcius pada tahun 1924. Jarak antara Kota Yakuts dan Oymyakon sekitar 928 kilometer dan mengabiskan waktu 21 jam ditempuh dengan mengendarai mobil.

Jadi mengapa kedua tempat di Siberia itu begitu dingin? Alex Decaria, seorang profesor meteorologi di Millersville University di Pennsylvania mengatakan, Siberia menjadi sangat dingin karena kombinasi lintang tinggi dan massa tanah yang besar. 

Kombinasi faktor-faktor ini telah menyebabkan penciptaan zona tekanan tinggi semi-permanen yang terbentuk di atas Siberia di musim dingin, yang dikenal sebagai 'Siberia High'.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut