get app
inews
Aa Read Next : Ijeck Prediksi Indonesia Menang Lawan Uzbekistan dengan Skor 3-2

Apa Saja Kota dengan UMR Tertinggi di Indonesia? Ini Ulasannya

Selasa, 25 Oktober 2022 | 12:00 WIB
header img
Kota dengan UMR tertinggi di Indonesia. (Foto: Istimewa)

BEKASI, iNewsMedan.id - Deretan kota dengan UMR tertinggi di Indonesia ini menarik untuk diketahui. Sebab, kota lainnya memiliki nominal UMR jauh lebih kecil.

UMR atau Upah Minimum Regional merupakan standar upah yang akan diterima pekerja jika bekerja di wilayah tertentu. Nominal UMR biasanya ditentukan dari kebutuhan masyarakat di suatu daerah. 

Kebutuhan hidup seseorang di suatu tempat juga bisa dijadikan faktor untuk menentukan berapa jumlah nominal UMR yang perlu diterima oleh suatu pekerja. Jadi suatu daerah sangat memungkinkan untuk menerima jumlah angka UMR yang berbeda.

Berikut adalah daftar kota dengan UMR tertinggi di Indonesia :

1. Bekasi

Sebagai kota industri, Bekasi memiliki jumlah UMR yang cukup tinggi dibanding wilayah lain di Indonesia. Jumlah UMR yang diterima oleh para pekerja di Bekasi, yakni Rp4.816, 921 per bulannya.

2. Jakarta   

Sebagai pusat dan Ibu Kota negara dan sentral perdagangan serta perekonomian membuat UMR Jakarta lumayan tinggi, yakni Rp 4.641,854.

3. Depok 

Diurutan ketiga, kota yang memiliki UMR tertinggi di Indonesia, yakni Depok. UMR di Depok berjumlah Rp4.377, 231. 

Hal ini didukung dengan fasilitas yang baik dan akses keluar masuk ibu kota negara yang mudah, membuat UMR di Depok menjadi tinggi.

4. Surabaya 

Selanjutnya ada kota Surabaya yang menempati urutan keempat kota dengan UMR tertinggi di Indonesia karena laju pertumbuhan dan perdagangan di kota ini cukup berkembang pesat, menjadikan kotanya memiliki UMR yang tinggi, yakni Rp.4.375, 479.

5. Bogor

Termasuk ke dalam jajaran kota yang memiliki UMR tertinggi di Indonesia. Bogor memiliki UMR tinggi, yakni Rp.4.330,249 setiap bulannya.

6. Cilegon 

Cilegon merupakan kota industri sehingga menjadikan UMR di kota ini cukup tinggi. Mobilitas pertumbuhan ekonomi yang cukup cepat dan biaya hidupnya tinggi, membuat Cilegon menjadi salah satu kota dengan UMR yang tinggi yakni Rp4.309, 772. 

7. Tangerang

Letak wilayah yang berdekatan dengan ibu kota serta memiliki kebutuhan hidup dan bahan pokok lumayan tinggi, membuat Tangerang masuk dalam jajaran kota di Indonesia yang memiliki UMR tinggi, yakni sebesar Rp4.300, 000.

Artikel ini telah terbit di halaman iNewsJabar.id dengan judul Kota dengan UMR Tertinggi di Indonesia, Nomor 1 Bekasi

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut