get app
inews
Aa Read Next : Kejadian Langka di Pantai Tohia, Gunungsitoli: Fenomena Busa bak Salju yang Mengejutkan Warga 

10 Kota Terdingin di Dunia, Nomor 1 Suhu Tahunan Capai Minus 1,3 Derajat Celcius

Minggu, 12 Maret 2023 | 11:00 WIB
header img
Ilustrasi. (iStock/Wired)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Deretan kota terdingin di dunia ini memiliki suhu dingin yang ekstrem. Namun, teruntuk wisatawan, tempat ini menarik untuk dijelajahi. 

Tingkat kedinginannya mencapai hingga puluhan minus derajat celcius, namun, masih juga ditinggali oleh manusia. Orang-orang yang tinggal di suhu dingin memang terbiasa menjalani hari-hari meski di bawah kondisi ekstrem.

Namun, rupanya kota paling dingin di dunia juga mampu menarik perhatian sebagian orang untuk berkunjung ke sana. Biasanya, mereka akan menikmati salju, kebudayaan, atau gelaran festival.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah kota paling dingin di dunia yang bisa dijelajahi. Dirangkum pada Sabtu (11/3/2023).

Kota Paling Dingin di Dunia 

1. Ulaanbaatar, Mongolia

Ulaanbaatar merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di Mongolia. Ulaanbaatar dihuni lebih dari satu juta jiwa yang pemberani, dengan pengaruh muson, subarctic, dan iklim semi arid. Ulaanbaatar menerima musim panas dengan jangka yang pendek serta musim panas yang panjang dengan suhu tahunan mencapai minus 1,3 derajat celcius. 

Pada Januari, suhu Ulaanbaatar bisa mencapai -24 derajat celcius. Walaupun begitu, para penduduk Ulaanbaatar menjadikan keistimewaan kotanya ini dengan membuat wisata musim dingin. Bahkan, sebagai warga menjadikan bisnis yang berkembang di Mongolia. Wisatawan yang mengunjungi Ulaanbaatar akan disuguhi berbagai festival lokal yang unik seperti nyanyian, tarian dan gulat. 

2. Yakutsk, Rusia 

Di Urutan selanjutnya, Yakutsk merupakan nama kota yang berada di Rusia. Letaknya berada di bagian timur Rusia. Kota ini juga termasuk dalam kota terdingin di dunia, pengaruh dinginnya kota ini karena letaknya berada di dataran tinggi Siberia. Jaraknya hanya 450 km dari Lingkar Arktik. Kota ini berpenduduk lebih dari 250.000 jiwa dan menyajikan pemandangan alam yang indah.

Tepat pada Januari, dingin suhu rata-rata Yakutsk bisa mencapai -42 derajat celcius. Meski begitu penduduk Yakutsk memiliki semangat yang luar biasa meski tinggal di kota dengan cuaca dingin yang ekstrem. Penduduk yakutsk juga merupakan tuan rumah yang ramah bagi wisatawan yang datang.  

3. Oymyakon, Sakha, Rusia 

Oymyakon merupakan kota di Republik Sakha, Rusia. Kota ini terletak di bagian timur negara itu dan bermuara di sungai Indigirka. Kota berpenduduk sekitar 521 jiwa ini termasuk kota paling dingin di dunia. Oymyakon memiliki arti nama "Air yang tidak membeku tempat ikan hidup”. Di sana terdapat mata air panas. Pernah disebut titik terdingin hingga pernah mencapai 71,2 derajat celcius pada 1924. Meskipun begitu, musim panas masih menyambangi oymyakon. Setiap Juni, suhu udara pun naik sampai sekitar 22 celcius dan matahari bersinar selama 21 jam.

4. Harbin, China 

Harbin adalah kota sub - provinsi, dan Ibu Kota Heilongjiang di Timur laut Tiongkok, tepatnya di tepi selatan sungai songhua. Pada Januari, suhu rata-ratanya bisa menyentuh -19 derajat celcius. Harbin dihuni lebih dari sembilan juta penduduk, walaupun berada dalam suhu cuaca yang ekstrem penduduk menggelar acara festival es dan salju internasional yang digelar setiap tahun pada akhir Desember hingga pertengahan Februari. 

5. Winnipeg, Kanada 

Winnipeg adalah ibu kota provinsi Manitoba, Kanada. Kota ini memiliki jumlah penduduk 705. 244 jiwa, terletak di padang rumput yang luas. Tidak ada banyak penghalang untuk menahan dari terpaan angin yang bertiup dari kutub utara saat musim dingin. Dingin kota ini bisa mencapai -16 derajat celcius pada Januari, namun jika terkena angin hanya akan terasa seperti -14 derajat celcius.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut