get app
inews
Aa Read Next : Dipecat PDIP, Gibran: Ya Gak Apa-apa

Jokowi: Dunia Pers Sedang Tidak Baik-baik Saja

Kamis, 09 Februari 2023 | 12:10 WIB
header img
Presiden Joko Widodo menyampaikan dunia pers saat ini tidak sedang baik-baik saja. Ini disampaikannya saat memberi sambutan pada puncak peringatan HPN 2023 di Gedung Serbaguna Pemprovsu, Kamis (9/2) (Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id- Presiden Joko Widodo menyampaikan dunia pers saat ini tidak sedang baik-baik saja. Ini disampaikannya saat memberi sambutan pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 di Gedung Serbaguna, Deliserdang, Sumatera Utara, Kamis, (9/2).

Menurut Jokowi, jika dulu isu utama tentang pers adalah soal kebebasan pers. Namun saat ini kata Jokowi, isu utamanya merupakan pemberitaan yang bertanggung jawab. 

"Pada peringatan Hari Pers Nasional saya ingin mengatakan bahwa dunia pers tidak sedang baik baik saja. Saya ulang dunia pers tidak sedang baik baik saja," kata Presiden Jokowi.

Menurut Jokowi, kondisi pers di Indonesia saat ini sudah bebas. Terlebih katanya, pers sekarang mencakup seluruh media informasi yang bisa tampil dalam bentuk digital.  Jokowi mengatakan masalah utama Pers saat ini adalah membuat pemberitaan yang bertanggung jawab. 

"Saat ini masalah utama menurut saya membuat pemberitaan yang bertanggung jawab," ujarnya.

Sebab masyarakat kebanjiran berita dari media sosial dan media digital lainnya termasuk platform asing dan umumnya tidak memiliki redaksi.

"Karena masyarakat kebanjiran berita dari medsos dan media digital lainnya termasuk platform asing dan umumnya tidak be- redaksi atau dikendalikan IA," urainya.

Algoritma raksasa digital, tambahnya, cenderung mementingkan sisi komersial saja dan mendorong konten recehan yang sensasional. 

"Sekarang ini banyak sekali dan mengorbankan kualitas isi jurnalisme yang otentik. Ini kita akan  semakin kehilangan. Ini tak boleh mendominasi kehidupan masyarakat kita. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut