get app
inews
Aa Read Next : KPPU Kanwil I Paparkan Tantangan Persaingan Usaha di Tahun Politik

Persoalan Sektor Sawit, KPPU Kanwil I Sambangi Dinas Perkebunan Provsu

Kamis, 24 November 2022 | 12:28 WIB
header img
Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kanwil I menyambangi Dinas Perkebunan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Provsu) untuk melakukan diskusi terkait beberapa persoalan di perkebunan sawit. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Terkait persoalan di sektor perkebunan sawit, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kanwil I menyambangi Dinas Perkebunan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Provsu) untuk melakukan diskusi terkait beberapa persoalan di perkebunan sawit.

Pada kunjungan tersebut, Kepala Kantor Wilayah I KPPU, Ridho Pamungkas didampingi Kepala Bidang Kajian dan Advokasi Shobi Kurnia diterima oleh Sekretaris Dinas Perkebunan Pemerintah Provsu, HM Nazli, beserta jajarannya.

Mengawali pertemuan, Ridho membahas beberapa persoalan di sektor perkebunan sawit diantaranya yang pertama, peran pemerintah dalam mendorong pemenuhan kewajiban alokasi lahan milik pengusaha sawit bagi petani rakyat seluas 20 persen total luas areal kebun Hak Guna Usaha (HGU) yang diusahakan. 

Kedua, perlindungan harga TBS bagi petani mandiri dan yang terakakhir terkait penyelesaian masalah pelaksanaan kemitraan PT Sago Nauli dengan Koperasi Sawit Murni di Kabupaten Mandailing Natal yang ditangani KPPU.

”KPPU telah melaksanakan tugas dan fungsi dari kemitraan sebagaimana yang diamanatkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM dimana akan dilaksanakan seremoni pelaksanaan penyerahan sertifikat lahan kelapa sawit dari PT Sago Nauli kepada Koperasi Sawit Murni," ujar Ridho, Kamis (24/11/2022).

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut