get app
inews
Aa Read Next : Siap Lawan Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut, Ijeck: Jangan Ada Pola-pola Fitnah

Forkopimda Sumut Gelar Salat Gaib Untuk Korban Tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang

Selasa, 04 Oktober 2022 | 22:09 WIB
header img
Forkompimda Sumatera Utara (Sumut) menggelar salat gaib dan doa bersama untuk korban di tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Sumatera Utara (Sumut) menggelar salat gaib dan doa bersama untuk korban tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Kegiatan dengan tema Sumatera Utara Berdoa Untuk Aremania dan Sepakbola Indonesia, itu dikhususkan kepada 125 orang korban tewas usai laga Arema FC vs Persebaya.

"Yang pertama kita mengucapkan belasungkawa paling dalam atas musibah saudara-saudara kita. Dalam kesempatan ini, saya selaku Gubernur Sumatera Utara mengajak dan mengirim doa. Untuk yang Islam mengirimkan Alfatihah dan non muslim untuk berdoa dengan keyakinan masing-masing," ujar Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, di Gor Mini, Jalan William Iskandar, Kabupaten Deli Serdang.

Selain itu, Edy menambahkan, ada tiga komponen yang diatur dalam statuta FIFA. Pertama, Infrastruktur bola yaitu stadion.

"Secara teknis PSSI yang mengetahui berapa jumlah pintu, berapa jumlah luas di dalam stadion. Dihitung dengan jumlah populasi penduduk disitu itu wajib diatur di dalam FIFA. Jadi, ada kata-kata stadion ini, layak. Stadion ini tidak layak," jelasnya.

Kemudian, Edy juga menjelaskan, bahwa keamanan dalam stadion bagi penonton, suporter, pemain bola dan official, turut diatur dalam peraturan FIFA.

"Bukan luas lapangan bola, tapi safety juga diatur di dalam stadion, namanya pembinaan stadion," tambahnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut