get app
inews
Aa Read Next : Arya Sinulingga Harapkan Pemda di Sumut Perhatikan Olahraga Sepak Bola

Ini Daftar Suporter Bola Fanatik di Indonesia, Nomor 1 Bobotoh

Jum'at, 30 September 2022 | 15:00 WIB
header img
Bobotoh. (Foto: Antara)

5. Brigata Curva SUD - PSS Sleman 

Brigata Curva SUD atau yang dikenal dengan nama BCS adalah salah satu suporter klub sepak bola PSS Sleman. Suporter yang memiliki banyak keunikan ini memiliki markas di tribun selatan Stadion Maguwoharjo.  

Banyak hal unik yang dapat di ulik dari suporter ini. Alih-alih hanya menonton bola sambil berteriak menyemangati, BCS justru mendukung klub kesayangannya itu dengan cara yang berbeda. BCS menampilkan koreografi saat pertandingan berlangsung, mirip dengan ultras-ultras di Italia. Suporter PSS Sleman ini bernyanyi selama 2x45 menit dan menyanyikan chant yang unik dan jarang terdengar dinyanyikan oleh suporter klub lain. 

Selain mendukung dengan koreografi dan chant yang unik, suporter ini juga membuktikan loyalitas mereka melalui kehadirannya dalam pertandingan PSS Sleman, dengan membeli tiket sebagai menonton pertandingan. Bahkan medai Inggris Copa90 menobatkan BCS sebagai Ultras terbaik di Asia. 

6. Pasoepati - PERSIS Solo 

Suporter bola fanatik di Indonesia selanjutnya adalah Pasoepati, PERSIS Solo. Pasoepati terbentuk karena adanya klub sepak bola Pelita Jaya yang pernah berdiri pada tahun 2000 lalu. Pasoepati, yang memiliki kepanjangan Pasukan Soeporter Pelita Sejati, mempersatukan para pecinta bola di Solo dan sekitarnya.  

Sepanjang berdirinya Pasoepati, mereka telah memberi dukungan kepada empat klub sepak bola yang pernah mendiami kota Solo. Klub tersebut adalah Pelita Jaya, Persijatim Solo FC, PERSIS Solo, dan Solo FC.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut