get app
inews
Aa Read Next : Arya Sinulingga Harapkan Pemda di Sumut Perhatikan Olahraga Sepak Bola

Ini Daftar Suporter Bola Fanatik di Indonesia, Nomor 1 Bobotoh

Jum'at, 30 September 2022 | 15:00 WIB
header img
Bobotoh. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Sejumlah suporter bola fanatik di Indonesia dikenal dengan solidaritasnya yang kuat. Salah satunya, suporter ini mendapat penghargaan di level Asia.

Suporter ini memiliki peran untuk mendukung klub sepak bola kebanggannya. Dengan semangat yang membara, para suporter dapat mendukung tim sepak bola untuk meraih gelar juara. Lantas, suporter bola mana saja yang fanatik di Indonesia?

Ini deretan suporter bola paling fanatik di Indonesia: 

1. Bobotoh - PERSIB Bandung

Suporter bola fanatik di Indonesia yang pertama adalah Bobotoh. Pendukung klub sepak bola PERSIB Bandung atau yang dikenal dengan Bobotoh menjadi suporter paling fanatik. 

Pasalnya, kesetiaan para Bobotoh untuk mendukung klub bola kesayangannya ini memang tidak perlu diragukan lagi. Sorakan yel-yel dan juga kesetiaannya untuk menonton pertandingan di tribun, memberikan semangat kepada PERSIB Bandung dalam permainannya di lapangan. 

Anggota Bobotoh ternyata tidak hanya di Bandung saja lho! Para Bobotoh memiliki beberapa cabang suporter, seperti Viking Persib Fans Club, Bobotoh Singapore, Flower City Casual dan Ultras Persib. Dari cabang suporter ini, pasti sudah terbayang seberapa banyak massa yang mendukung klub sepak bola asal Bandung. Dengan banyaknya masa, Bobotoh menjadi suporter yang cukup berpengaruh di Indonesia.  

2. The Jakmania -  PERSIJA Jakarta 

The Jakmania, suporter fanatik klub sepak bola PERSIJA Jakarta. Dengan atribut orange yang melekat ditubuh, suporter klub sepak bola ini menunjukkan kesetiaannya. 

Tak hanya Bobotoh Persib yang memiliki anggota banyak, pasalnya The Jakmania juga memiliki anggota yang banyak hingga ke penjuru Indonesia. Bahkan, suporter ini memecahkan rekor menjadi penonton terbanyak di grup Piala AFC pada 2018 silam. 

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut