get app
inews
Aa Read Next : Arya Sinulingga Harapkan Pemda di Sumut Perhatikan Olahraga Sepak Bola

Ini Daftar Suporter Bola Fanatik di Indonesia, Nomor 1 Bobotoh

Jum'at, 30 September 2022 | 15:00 WIB
header img
Bobotoh. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Sejumlah suporter bola fanatik di Indonesia dikenal dengan solidaritasnya yang kuat. Salah satunya, suporter ini mendapat penghargaan di level Asia.

Suporter ini memiliki peran untuk mendukung klub sepak bola kebanggannya. Dengan semangat yang membara, para suporter dapat mendukung tim sepak bola untuk meraih gelar juara. Lantas, suporter bola mana saja yang fanatik di Indonesia?

Ini deretan suporter bola paling fanatik di Indonesia: 

1. Bobotoh - PERSIB Bandung

Suporter bola fanatik di Indonesia yang pertama adalah Bobotoh. Pendukung klub sepak bola PERSIB Bandung atau yang dikenal dengan Bobotoh menjadi suporter paling fanatik. 

Pasalnya, kesetiaan para Bobotoh untuk mendukung klub bola kesayangannya ini memang tidak perlu diragukan lagi. Sorakan yel-yel dan juga kesetiaannya untuk menonton pertandingan di tribun, memberikan semangat kepada PERSIB Bandung dalam permainannya di lapangan. 

Anggota Bobotoh ternyata tidak hanya di Bandung saja lho! Para Bobotoh memiliki beberapa cabang suporter, seperti Viking Persib Fans Club, Bobotoh Singapore, Flower City Casual dan Ultras Persib. Dari cabang suporter ini, pasti sudah terbayang seberapa banyak massa yang mendukung klub sepak bola asal Bandung. Dengan banyaknya masa, Bobotoh menjadi suporter yang cukup berpengaruh di Indonesia.  

2. The Jakmania -  PERSIJA Jakarta 

The Jakmania, suporter fanatik klub sepak bola PERSIJA Jakarta. Dengan atribut orange yang melekat ditubuh, suporter klub sepak bola ini menunjukkan kesetiaannya. 

Tak hanya Bobotoh Persib yang memiliki anggota banyak, pasalnya The Jakmania juga memiliki anggota yang banyak hingga ke penjuru Indonesia. Bahkan, suporter ini memecahkan rekor menjadi penonton terbanyak di grup Piala AFC pada 2018 silam. 

3. Bonek - PERSEBAYA Surabaya 

Suporter bola fanatik di Indonesia selanjutnya adalah Bonek. Bonek atau yang diartikan sebagai Bondho Nekat, berarti bermodalkan tekad yang kuat. Bonek menjadi suporter tim sepak bola PERSEBAYA Surabaya. 

Identik dengan warna hijau, Bonek selalu mengiringi langkah PERSEBAYA untuk memenangkan tiap pertandingan. Bahkan, dikatakan bahwa bonek adalah suporter pertama yang mengiringi tim kebanggannya bertanding ke kota lain. Anggota suporter ini juga tak kalah banyak dari dua suporter sebelumnya. Pasalnya, suporter ini juga menjadi salah satu suporter terkuat dan terkenal dengan beberapa kegiatan sosialnya.

4. Aremania - AREMA Malang 

Aremania, suporter klub sepak bola AREMA Malang. Suporter ini sangat setia dengan klub sepak bola kebanggannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kehadiran Aremania yang selalu ada di pertandingan AREMA FC, baik di Malang ataupun di luar Kota Malang. 

Aremania mulai dikenal tahun 1900an. Hingga kini, Aremania masih sangat aktif, atraktif, dan suportif untuk mendukung tim kesebelasan kebanggannya. Bahkan, saat ini sudah muncul pendukung AREMA FC dari kaum hawa, pendukung ini disebut Aremanita.

5. Brigata Curva SUD - PSS Sleman 

Brigata Curva SUD atau yang dikenal dengan nama BCS adalah salah satu suporter klub sepak bola PSS Sleman. Suporter yang memiliki banyak keunikan ini memiliki markas di tribun selatan Stadion Maguwoharjo.  

Banyak hal unik yang dapat di ulik dari suporter ini. Alih-alih hanya menonton bola sambil berteriak menyemangati, BCS justru mendukung klub kesayangannya itu dengan cara yang berbeda. BCS menampilkan koreografi saat pertandingan berlangsung, mirip dengan ultras-ultras di Italia. Suporter PSS Sleman ini bernyanyi selama 2x45 menit dan menyanyikan chant yang unik dan jarang terdengar dinyanyikan oleh suporter klub lain. 

Selain mendukung dengan koreografi dan chant yang unik, suporter ini juga membuktikan loyalitas mereka melalui kehadirannya dalam pertandingan PSS Sleman, dengan membeli tiket sebagai menonton pertandingan. Bahkan medai Inggris Copa90 menobatkan BCS sebagai Ultras terbaik di Asia. 

6. Pasoepati - PERSIS Solo 

Suporter bola fanatik di Indonesia selanjutnya adalah Pasoepati, PERSIS Solo. Pasoepati terbentuk karena adanya klub sepak bola Pelita Jaya yang pernah berdiri pada tahun 2000 lalu. Pasoepati, yang memiliki kepanjangan Pasukan Soeporter Pelita Sejati, mempersatukan para pecinta bola di Solo dan sekitarnya.  

Sepanjang berdirinya Pasoepati, mereka telah memberi dukungan kepada empat klub sepak bola yang pernah mendiami kota Solo. Klub tersebut adalah Pelita Jaya, Persijatim Solo FC, PERSIS Solo, dan Solo FC.

7. Pusamania - Borneo FC 

Pusamania, nama untuk suporter kesebelasan Borneo FC yang mendiami Samarinda. Suporter sepak bola ini adalah suporter tertua di Indonesia. Awalnya, Pusamania mendukung tim besar PS Mahakam yang namanya berubah menjadi Persisam Putra Samarinda. Namun, saat ini Pusamania setia mendukung tim sepak bola Borneo FC. 

Dengan warna kebangsaan Orange, Pusamania dijuluki sebagai Republik Orange. Warna orange memenuhi tribun saat Borneo FC sedang  bertanding. Tak hanya dalam kota, Pusamania setia mendampingi kesebelasan kebanggannya untuk bertanding diluar kota. Hingga kini, Pusamania sudah memiliki anggota lebih dari 8.000 orang.

8. Suporter PSMS Medan 

Suporter bola fanatik di Indonesia selanjutnya adalah Suporter PSMS Medan. Suporter ini memiliki beberapa kelompok pendukung, diantaranya PFC (PSMS Medan Fans Club), KAMPAK FC (Kesatuan Anak Medan Pecinta Ayam Kinantan - Fans Club), dan SMeCK Hooligan (Suporter Medan Cinta Kinantan).  

Selain mendukung klub sepak bola kebanggannya di kandang, Suporter PSMS Medan juga memberikan loyalitasnya untuk mendukung tim kesayangannya diluar kota. 

9. Kelompok Suporter Tim Persipura - Jayapura

Persipura Jayapura memiliki tim fanatik yang mendukungnya. Suporter klub sepak bola ini disebut juga dengan nama PERSIPURA Mania atau The Comen’s. Suporter ini berdiri tahun 2004 yang memiliki 18 elemen suporter, diantaranya Black Boys 1963, dan Kelompok Suporter Ultras BlackPearl Curva Nord. Suporter ini tak hanya berada di Kota Jayapura saja lho! Pasalnya, mereka juga berada di berbagai kota besar di Indonesia. 

10. Ultras Gresik - Gresik United FC

Suporter bola fanatik di Indonesia selanjutnya, Ultras Gresik. Ultras Gresik merupakan suporter klub sepak bola Gresik United FC. Ultras Gresik lahir pada 1999. Suporter ini memberikan loyalitas dan dedikasinya untuk Gresik United FC baik di kandang maupun di tandang. 

Inilah deretan suporter bola fanatik di Indonesia. Dengan loyalitas yang tinggi, mereka mampu mengantarkan tim kesebelasan kebanggannya pada kemenangan.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul 10 Suporter Bola Fanatik di Indonesia, Nomor 5 Dinobatkan Jadi Ultras Terbaik Asia

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut