get app
inews
Aa Read Next : 14 Cara Menghilangkan Ngantuk Berat, Nomor 7 Menghirup Udara Segar

6 Penyebab Tubuh Sering Terasa Capek, Nomor 3 Dehidrasi

Jum'at, 16 September 2022 | 10:00 WIB
header img
Ilustrasi penyebab tubuh sering terasa capek. (Foto: Coopervision)

4. Diabetes

Mudah merasa lelah mungkin juga disebabkan oleh diabetes. Kondisi ini terjadi ketika tubuh menjadi tidak sensitif terhadap hormon insulin, yang biasanya mengontrol kadar gula darah. Menurut Dr. Sufyan Hassain dari King's College, London menyatakan bahwa salah satu alasan mengapa diabetes membuat seseorang sangat mudah lelah, karena kadar gula darah di tubuhnya terlalu tinggi atau atau terlalu rendah sehingga mengganggu tidur.

5. Kurang makan daging merah

Kekurangan makan daging merah, sayuran hijau atau kacang-kacangan mungkin menjadi penyebab tubuh merasa lelah. Semua makanan ini kaya akan zat besi sebagai komponen utama hemoglobin, sejenis protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh.

6. Hipotiroidisme

Tubuh yang sering Lelah, bisa juga karena rendahnya kadar hormon tiroksin. Bahan kimia ini mempengaruhi metabolisme seluruh tubuh dan memperlambat otak. Dokter Sufyan mengatakan bahwa hormon tersebut memiliki efek besar pada semua sel dan jaringan tubuh, karena tiroksin lah pembawa pesan kimiawi dan memberitahu tubuh untuk bagaimana kerjanya dan apa yang harus dilakukan. Ketika tubuh tidak memiliki cukup tiroksin, itu akan memperlambat otak dan menurunkan suasana hati.

Hipotiroidisme dapat diuji dengan mengambil sampel darah. Kondisi ini sebagian besar diobati dengan menggunakan tablet hormon harian, tetapi jika tidak diobati dapat menyebabkan penyakit jantung, masalah kehamilan dan pembengkakan di leher serta kelelahan.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut