get app
inews
Aa Read Next : HKN ke-59, Dinkes Sumut Upaya Penyelesaian Empat Masalah Kesehatan Utama 

Kenali 4 Penyebab Radang Tenggorokan yang Picu Hilangnya Suara

Rabu, 24 Agustus 2022 | 10:00 WIB
header img
Ilustrasi Sakit Tenggorokan. (Foto: Shutterstock)

iNewsMedan.id - Radang tenggorokan bisa memicu hilangnya suara. Perubahan suara dapat berupa menjadi serak, nada lebih tinggi atau lebih rendah dari biasanya dan hilang seutuhnya.

Jika orang mengatakan mereka kehilangan suara, biasanya berarti terdapat perubahan pada suaranya atau tidak keluar sama sekali. Suara hilang sendiri dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi, seperti dilansir dari Klikdokter:

Gaya hidup

Hidrasi yang kurang juga dapat menyebabkan getaran pita suara menjadi kurang efektif dan meningkatkan risiko iritasi pada tenggorokan. Lingkungan yang penuh polusi misalnya penuh asap rokok juga dapat menyebabkan iritasi pada jaringan pita suara.

Teknik vokal

Orang yang memiliki kebiasaan berbicara terus menerus tanpa adanya jeda untuk bernafas juga dapat mengurangi aliran udara yang digunakan untuk dapat bersuara. Penyanyi dengan teknik vokal yang salah juga dapat menyebabkan "lelah" pada pita suara. Beberapa orang justru malah memaksakan untuk tetap bersuara dan hal ini justru malah memperburuk gejalanya.

Stress dan emosi

Suara yang kita keluarkan tentu mencerminkan emosi kita saat ini. Jika Anda sedang stress dan emosi, sebaiknya dipendam terlebih dahulu hingga Anda tenang dan kalaupun ingin berbicara usahakan jangan berteriak atau mengeluarkan suara yang keras.

Faktor medis

Asam lambung yang naik ke tenggorokan (pada penyakit GERD) dapat menyebabkan pembengkakan dan iritasi pada jaringan pita suara, sehingga mengganggu kualitas dari suara. Selain itu penyakit lain yang mendasari adalah apabila terdapat gangguan pada sistem pernafasan atau gangguan pada laring.

Untuk mengatasinya beberapa cara ini bisa Anda lakukan:

Istirahatkan suara Anda

Cara terbaik untuk mengatasi suara yang hilang adalah berikan waktu untuk "beristirahat". Meskipun sulit, cobalah untuk tidak berbicara sama sekali selama 1 - 2 hari. Cara ini pada umumnya dapat berhasil karena seringkali peradangan dapat sembuh dengan sendirinya.

Jangan berbisik

Berbisik justru dapat membuat pita suara Anda bekerja "lebih keras" dibandingkan ketika Anda berbicara seperti biasa. Ketika Anda berbisik, pita suara akan menjadi teregang dan akibatnya akan memperlama penyembuhan radang Anda.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut