get app
inews
Aa Read Next : Pengalaman Berbuka Puasa dengan Menu Nusantara dan Timur Tengah di Grand Cityhall Hotel Medan

Jangan Sampai Dehidrasi Hambat Puasamu, Simak Tips Berikut!

Kamis, 23 Maret 2023 | 17:46 WIB
header img
Ilutrasi ]Puasa (Foto: Istimewa)

iNewsMedan.id - Puasa pun tidak hanya sekadar menahan lapar dan haus, tapi juga menahan segala nafsu duniawi.

Tapi, tentu saja ketika menjalankan puasa kita tidak boleh abai engan kesehatan kita loh. Salah satu masalah yang sering terjadi ketika puasa adalah dehidrasi, apalagi aktifitas dapat membuat cairan di tubuh berkurang.

Dilansir dari laman The Star, berikut tips supaya Anda tidak mudah dehidrasi saat puasa dan menjadi lemas karena kekurangan cairan.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Ketika berbuka puasa, dianjurkan untuk mengonsumsi makan makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Hal ini sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda yang seharian berpuasa. Kemudian makan buah dan sayuran tidak hanya baik untuk kesehatan Anda, tetapi dapat membantu menghidrasi tubuh.

Jenis buah dan sayuran tertentu memiliki kandungan air yang tinggi, dan menjadikannya sebagai sumber gizi dan sekaligus menyegarkan kembali tubuh Anda setelah berpuasa seharian.

Hindari Minuman yang Mengandung Kafein

Kafein memiliki efek diuretik yang meningkatkan produksi urin, sehingga membuang garam dan air dari tubuh. Terlalu banyak kafein dapat meningkatkan rasa haus, jadi untuk tetap terhidrasi sepanjang hari, sebaiknya tetap minum air. Serta konsumsi juga kurma, supaya tubuh lebih berenergi.

Hindari Makanan Terlalu Pedas dan Asin

Makanan pedas dan asin dapat meningkatkan kebutuhan tubuh terhadap air, gunakan rasa ini dalam porsi kecil saja. Oleh karenanya dianjurkan untuk tidak terlalu banyak menggunakan garam, atau rasa pedas dalam makanan Anda. Ini akan membuat tubuh jadi mudah dehidrasi dan mengeluarkan banyak cairan.

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut