get app
inews
Aa Read Next : HKN ke-59, Dinkes Sumut Upaya Penyelesaian Empat Masalah Kesehatan Utama 

4 Perbedaan HIV dan AIDS yang Tak Banyak Orang Tahu, Berikut Ulasannya

Jum'at, 02 September 2022 | 17:00 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Berikut 4 perbedaan HIV dan AIDS yang wajib diketahui:

1. Penularan HIV dan AIDS

HIV dapat ditularkan dari orang ke orang

Karena HIV adalah virus, Serta  ditularkan di antara orang-orang seperti banyak virus lainnya. AIDS, di sisi lain, adalah suatu kondisi yang diperoleh seseorang hanya setelah mereka tertular HIV.

Virus ini ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui pertukaran cairan tubuh. Paling umum, HIV ditularkan melalui hubungan seks tanpa kondom atau jarum bersama. Kurang begitu, seorang ibu dapat menularkan virus ke anak mereka selama kehamilan.

2. Gejala HIV dan AIDS yang Beda

Penyakit HIV umumnya menyebabkan gejala seperti flu sekitar dua sampai empat minggu setelah penderita tertular HIV. Setelah itu, penyakit akan memasuki periode laten, dimana sistem kekebalan terus mengendalikan infeksi.

Fase ini berlangsung selama bertahun-tahun. Namun, tanpa terapi obat antiretroviral, penderita HIV dapat berkembang ke tahap AIDS dengan gejala penyakit beragam sesuai komplikasi yang diidap.

3. Harapan hidup penderita HIV dan AIDS

Orang yang hidup dengan HIV (Odiv) dan disiplin mengonsumsi obat antiretroviral dapat bertahan hidup seperti manusia normal. Perlu diketahui, obat antiretroviral dapat membuat viral load tidak terdeteksi secara berkelanjutan.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut